Perbedaan Jak Lingko dengan Angkot Biasa, dari Ngetem sampai Ongkos

Kompas.com - 12/01/2020, 17:01 WIB
Angkot terintegrasi Jak Lingko Angkot terintegrasi Jak Lingko

JAKARTA, KOMPAS.com – Angkutan perkotaan atau angkot merupakan sarana transportasi umum yang sudah ada sejak dulu. Angkot kadang memiliki stereotip seperti lama, suka ngetem, cara mengemudinya ugal-ugalan, dan tidak bersih.

Pada saat ini di Jakarta sudah ada sarana baru yang bentuknya seperti angkot hanya saja memiliki beberapa perbedaan. Angkutan tersebut dinamakan Mikrotrans Jak Lingko. Apa saja perbedaan dengan angkot pada umumnya?

1. Tidak Ngetem

Seperti kebanyakan angkot, ngetem adalah hal yang biasa dilakukan. Namun pada Mikrotrans, pramudi dilarang untuk ngetem dan menunggu penumpang.

“Mikrotrans kalau di terminalnya tidak harus nunggu penuh mobilnya. Tapi diberi jarak 5-7 menit ada giliran untuk jalan. Hal ini dilakukan agar nanti di jalan, mikrotransnya tidak numpuk, jadi penumpang tidak khawatir ketinggalan mikrotrans, karena ada lagi dengan jarak 5-7 menit,” kata pramudi bernama Baktiar kepada Kompas.com Kamis (9/1/2020).

Baca juga: Spek Angkot Full AC Sama dengan Daihatsu Gran Max Standar

pangkalan angkot jaklingkoFathan pangkalan angkot jaklingko

2. Tidak berhenti di sembarang tempat

Angkot pada umumnya menaikkan penumpang di mana dia berdiri dan menurunkan penumpang di mana dia mau. Hal tersebut tentunya berbahaya karena kadang supir angkot tidak mengecek spion/blindspot ketika bermanuver. Hal itu bisa menyebabkan kecelakaan.

Mikrotrans Jak Lingko harus mengikuti aturan yaitu dengan menaikkan dan menurunkan penumpang hanya di halte/bus stop.

Walaupun di halte tersebut tidak ada orang, pramudi Mikrotrans harus menepi untuk memastikan ada penumpang yang ingin naik.

“Pramudi Mikrotrans sudah diberi standar operasional untuk berhenti di setiap halte. Jika tidak berhenti dan ketahuan oleh pengawas, bisa dikenakan denda,” ucap Baktiar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X