Kompas.com - 12/01/2020, 10:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Lewat ajang Tokyo Auto Salon 2020, Honda menyegarkan tampilan Civic Type R dengan beberapa ubahan pada sisi eksterior dan interior, serta sisi teknisnya. Rencananya Civic Type R terbaru bakal dijual secara global sebelum musim dingin berakhir.

Dilansir dari Motor1, ubahan paling kentara terlihat dari ukuran gril yang lebih besar, membuat mesin mendapat asupan udara lebih banyak. Begitu juga dengan warna baru ‘Boost Blue’ yang makin terlihat eksklusif buat Type R.

Selain tampilan eksterior, ubahan juga mengarah pada sisi teknis dengan dipasangnya perangkat rem baru.

Kampas rem Type R kini dirancang lebih awet dan memiliki performa lebih baik, terutama saat dipakai mengerem dalam kecepatan tinggi.

Baca juga: Toyota Yaris Terganas Resmi Meluncur

Honda Civic Type R mendapat beberapa ubahan baru di Tokyo Auto Salon 2020Motor1 Honda Civic Type R mendapat beberapa ubahan baru di Tokyo Auto Salon 2020

Di samping itu, suspensi Type R juga telah dimodifikasi sehingga membuat peredamannya lebih baik saat dipakai berkendara normal atau harian.

Untuk membuatnya makin asyik dipakai di sirkuit, Honda mengembangkan satu set rear bushing yang lebih kaku dari sebelumnya untuk membantu grip ketika berada di tikungan.

Melangkah ke dalam kabin, lingkar kemudi baru kini telah dilapis kulit alcantara. Begitu juga desain tuas persneling yang dirancang ulang agar lebih pendek.

Baca juga: Suzuki Jimny Terasa Semakin Lawas di Tokyo Auto Salon

Honda Civic Type R mendapat beberapa ubahan baru di Tokyo Auto Salon 2020Motor1 Honda Civic Type R mendapat beberapa ubahan baru di Tokyo Auto Salon 2020

Di balik kap mesin Type R, Honda tetap menyematkan mesin bensin 2.000 cc turbocharged yang sama. Mesin tersebut menghasilkan tenaga sebesar 306 dk dan torsi 400 Nm, serta dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan.

Untuk memudahkan pengemudi dalam mengontrol mobil, Honda juga masih menyematkan tiga mode berkendara yang bisa dipilih sesuai kebutuhan (Comfort, Sport, dan +R) yang bakal mengubah respons gas dan kemudi, serta tingkat kekerasan suspensi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.