Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Oli Motor Sudah Tercampur Air

Kompas.com - 10/01/2020, 15:10 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat intensitas hujan yang tinggi di awal tahun, sebagian wilayah di Jabodetabek terendam banjir. Korbannya bukan hanya tempat tinggal saja, namun juga sampai kendaraan seperti sepeda motor.

Untuk motor yang sempat terendam banjir, otomatis berpotensi mengalami kerusakan. Apalagi bila air tersebut sudah ikut masuk ke ruang mesin dan bercampur dengan pelumas.

Nah, bagi pemilik motor yang terkena imbas banjir, Federal Oil membagikan tips sederhana untuk memeriksa dan memastikan bila pelumas belum terkontaminasi air.

Caranya cukup mudah, tinggal melihat dari warna dari oli mesin tersebut. Jika sudah menunjukan adanya warna putih, bisa dipastikan oli sudah tercampur dengan air.

Baca juga: Alasan Rem Motor Bermasalah Setelah Kena Banjir

Dalam kondisi tersebut, segera mungkin pemilik motor untuk mengganti oli mesinya, karena bila tidak maka ada kerugian yang lebih besar bagi pemilik motor, mulai dari korosi pada komponen mesin, bahkan bisa membuat motor terkena dampak water hammer.

Federal Oil sediakan program khusus untuk motor yang terdampak banjir Federal Oil sediakan program khusus untuk motor yang terdampak banjir

Menariknya lagi, untuk meringankan beban pemilik motor yang tedampak banjir, Federal Oil memberikan solusi dengan menggelar progran #SolusiMotorSetelahBanjir.

Melalui program ini, pemilik motor bisa mendapatkan paket ganti oli hanya dengan membayar Rp 10 ribu di tujuh Super Federal Oil Center (SFOC) yang berada di area terdampak banjir, baik di Jakarta dan sekitarnya.

Menurut Federal Oil General Manager Sri Adinegara, program ini dihelat sebagai bentuk kepedulian pemilik motor yang terkena musibah banir. Sedangkan untuk waktu pelaksanaanya sudah dimulai dari 8 sampai 12 Januari 2020.

Baca juga: Pedagang Motor Bekas Tolak Motor Bekas Kebanjiran

"Melalui program ini semoga bisa mempermudah para pemotor untuk segera mengganti oli motornya, sehingga bisa kembali digunakan untuk beraktivitas. Kami memahami bila konsumen di Jakarta dan sekitarnya yang mayoritas merupakan kalangan pekerja rata-rara selalu menggunakan motor untuk menunjang aktivitas sehari-hari," kata Sri dalam keterangan resminya, Jumat (10/1/2020).

Federal Oil sediakan program khusus untuk motor yang terdampak banjir Federal Oil sediakan program khusus untuk motor yang terdampak banjir

Adapun bengkel SFOC yang bisa dituju oleh pemilik motor terdiri dari beberapa wilayah. Muladi dari Adi Motor Palemerah Barat, Angkasa Motor Grogol Petamburam, New Rejeki Motor Karang Tengah, Harapan Jaya Motor Haji Mencong Tangerang, Cenda Motor di Bintaro Raya, Donna Motor Kalibaru Timur Bekasi, dan Serba Motor di Pondok Melati, Bekasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com