Alasan Rem Motor Bermasalah Setelah Kena Banjir

Kompas.com - 06/01/2020, 08:52 WIB
Sejumlah warga mengevakuasi sepeda motor yang terendam banjir di Jl. Raya Pondok Gede, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). Luapan air Kali Baru sebabkan wilayah Kramat Jati terendam hingga sebahu orang dewasa. KOMPAS.com/M ZAENUDDINSejumlah warga mengevakuasi sepeda motor yang terendam banjir di Jl. Raya Pondok Gede, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). Luapan air Kali Baru sebabkan wilayah Kramat Jati terendam hingga sebahu orang dewasa.


JAKARTA, KOMPAS.com - Usai banjir jangan lupa periksa sistem pengereman pada sepeda motor. Sebab kinerja rem motor baik cakram atau teromol bisa berkurang akibat terendam banjir.

Asisten Manajer Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) Main Dealer Honda Jawa Barat, menjelaskan, rendaman air bisa membuat kampas rem jadi menggelembung.

Baca juga: Bisakah Motor yang Terendam Banjir Sehat Kembali Seratus Persen?

"Air dapat mempengaruhi performa pengereman pada motor. Kampas rem yang terbuat dari bahan asbes jika terkena air maka akan menggelembung dan mengeras pada saat sudah kering," katanya dalam keterangan tertulis, belum lama ini.

Untuk itu kata Ade, untuk tipe cakram, dengan melihat ketebalan kampas rem motor dan untuk belakang melihat kondisi pada tuas panel belakang apakah masih layak atau tidak.

Rem jenis tromol di sepeda motorAzwar Ferdian/Otomania Rem jenis tromol di sepeda motor

MSriyono, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), jika motor terendam banjir biasanya yang paling terdampak ialah rem teromol.

"Biasanya rem tromol akan mengunci. Ini karena permukaan kampas rem basah karena air sehingga menempel di rumah rem akibatnya motor susah bergerak," katanya.

Langkah perbaikannya, setelah membersihkan sepeda motor adalah dengan membongkar rem dan membersihkannya satu per satu.

Baca juga: Penjelasan Mengapa Penggunaan Lampu Rem Kelap-kelip Dilarang

Atau jika belum bisa membongkar bagian rem, cukup memainkan rem sambil motor berjalan untuk mengeringkan ruangan tromol juga permukaan kampas rem.

“Jangan lupa bila terkena banjir baiknya bawa segera ke bengkel terdekat untuk diperiksa secara keseluruhan. Ini agar tidak ada kerusakan lain yang bisa mengganggu kinerja motor,” ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X