Membonceng Anak Kecil di Jok Belakang Ada Imbauannya

Kompas.com - 09/01/2020, 09:42 WIB
Seorang pengendara sepeda motor membonceng empat orang seperti sirkus, tiga di antara adalah anak kecil. Instagram @videodragbikeSeorang pengendara sepeda motor membonceng empat orang seperti sirkus, tiga di antara adalah anak kecil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Membonceng anak atau balita di bagian depan sepeda motor sangat berbahaya dari aspek keselamatan berlalu lintas. Pasalnya, sang anak rentan cedera jika terjadi kecelakaan.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, menurut aturan motorcycle safety standard, membonceng yang benar ialah penumpang berada di jok belakang.

Namun, membonceng anak di jok belakang pun ada imbauannya, yakni kaki anak kecil yang dibonceng tersebut bisa menapak di foot step atau sandaran kaki.

Baca juga: Bahaya, Bonceng Anak Kecil Jangan Duduk di Depan

"Untuk anak yang bonceng di belakang kedua kakinya sudah menempel foot step. Jika tidak menempel maka si anak rentan hilang keseimbangannya," kata Jusri kepada Kompas.com, Rabu (8/1/2020).

Tempat duduk di motor buat balitaFoto: Shopee Tempat duduk di motor buat balita

Merujuk hal tersebut, Jusri mengatakan, jika kaki sang anak masih terlalu pendek maka bisa ditaruh di semacam tempat duduk tambahan agar bisa menapak foot step, atau memakai semacam pengikat.

"Menyikapinya kita taruh kursi tambahan di belakang, karena anak kecil itu pendek, kakinya belum sampai, kita ikatkan dia. Memang membantu, tapi harus ada aturannya lebih dulu dan dikaji lebih jauh," katanya.

Baca juga: 4 Kesalahan yang Bisa Bikin Celaka saat Bawa Anak Kecil Naik Motor

Jusri mengatakan, dari sudut pandang pribadi, membonceng anak kecil menggunakan sepeda motor cukup berisiko. Karenanya, kalau tidak terpaksa, lebih baik menggunakan alat transportasi lain.

"Menurut opini pribadi saya, buat anak-anak yang belum memenuhi itu (kakinya belum sampai) sebaiknya tidak dibawa atau dibonceng, karena biaya cedera itu lebih mahal ketimbang biaya transportasi," katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X