Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2020, 07:12 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta menggelar razia pajak besar-besaran untuk kendaraan bermotor di awal 2020, rupanya masih harus menunggu instruksi lebih lanjut.

Upaya untuk menyadarkan para wajib pajak melunasi tunggakannya itu, sedikit tertunda lantaran saat ini sedang ada perombakan struktural yang terjadi di BPRD.

"Betul rencana demikian (razia), tapi kita masih tunggu waktunya kapan karena ada perubahan struktur saat ini, untuk koordinasi dengan kepolisian sudah dilakukan juga," ujar Kepala Unit PKB dan BBNKB Jakarta Timur Iwan Syaefuddin, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (8/1/2020).

Baca juga: Banyak yang Menunggak, Tahun Depan Ada Razia Pajak Kendaraan Besar-besaran

Sebelumnya, pada akhir 2019, mantan Kepala BPRD Jakarta Faisal Syafruddin, yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD), menegaskan bakal menggelar razia gabungan lantaran banyak wajib pajak pemilik kendaraan yang menunggak kewajibannya.

Petugas menempelkan stiker ke mobil mewah bermerek Mercedes yang pajaknya belum dibayar di Apartemen Regatta, Jakarra Utara, Kamis (5/12/2019).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Petugas menempelkan stiker ke mobil mewah bermerek Mercedes yang pajaknya belum dibayar di Apartemen Regatta, Jakarra Utara, Kamis (5/12/2019).

Hal ini pun dibenarkan oleh Humas BPRD DKI Jakarta Dwi Wahyu. Menurut dia, razia gabungan untuk menindak kendaran yang mengunggak pajak, khususnya pelat nomor Jakarta, sudah direncanakan dan akan dijalankan.

"Waktu itu kita sempat maunya di awal tahun, tapi saat ini sedang ada perubahan nomenklatur struktur organisasi di BPRD jadi kita tunggu kapan mau dikordinasikan lagi pelaksanaannya," kata Dwi.

Baca juga: Sanksi Penunggak Pajak, Kendaraan Bisa Disita dan Dilelang

Sejumlah pelanggar razia pajak di Penjaringan mengurus pembayaran pajaknya di hadapan petugas Samsat Jakarta Utara, Rabu (21/11/2018).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Sejumlah pelanggar razia pajak di Penjaringan mengurus pembayaran pajaknya di hadapan petugas Samsat Jakarta Utara, Rabu (21/11/2018).

Sementara untuk upaya-upaya sebelumnya yang sudah dilakukan, menurut Dwi cukup banyak. Mulai dengan razia rutin sampai melakukan aksi door to door sebagai kelanjutan strategi imbauan, khususnya bagi masyarakat yang menunggak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.