Desain AMMDes Dirancang Mudah untuk Dimodifikasi Sesuai Fungsi

Kompas.com - 07/01/2020, 16:35 WIB
AMMDes Builder, mini mixer truck pemenang AMMDes Digimodz di IMX 2019. Kompas.com/DonnyAMMDes Builder, mini mixer truck pemenang AMMDes Digimodz di IMX 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Alat Mekanis Multifungsi Pedesaan ( AMMDes) kembali menarik perhatian. Belum lama ini, kendaraan buatan bangsa yang bisa dibuat menjadi banyak fungsi tersebut langsung dipesan sebanyak 10.000 unit untuk dikirim ke Afrika.

AMMDes memang menarik banyak perhatian karena sesuai namanya, kendaraan ini bisa diubah menjadi berbagai fungsi. Salah satunya menjadi ambulance feeder yang digunakan di Kabupaten Lebak, Banten.

Baca juga: Kisah Unik AMMDes Jadi Penyelamat Ibu Hamil

Andre Mulyadi, pendiri National Modificator & Aftermarket Association ( NMAA), mengatakan, AMMDes memiliki kelebihan utama yaitu mudah untuk dimodifikasi untuk berbagai fungsi.

AMMDes Ambulance FeederKemenperin AMMDes Ambulance Feeder

"Kalau untuk dijalankan, kita belum sempat coba. Jadi, tidak tahu bagaimana kelebihan dan kekurangan dari segi performanya. Tapi, untuk dimodifikasi, menurut saya AMMDes ini memang didesain agar mudah untuk diubah sesuai dengan fungsinya," ujar Andre, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: AMMDes Selangkah Lebih Maju Menuju Ekspor

Pada September 2019 lalu, Kementerian Perindustrian juga menggelar lomba modifikasi digital AMMDes yang hasilnya diumumkan di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2019. Hasilnya, ada ratusan desain yang diajukan oleh banyak peserta.

"Seperti yang menang di kontes kemarin, kita buatkan skala 1:1 untuk truk mini mixer. Kendaraan ini menurut saya bagian pentingnya di sasis saja. Jadi, bagian lainnya itu mudah untuk diganti-ganti atau dimodifikasi," kata Andre.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X