Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Desain AMMDes Dirancang Mudah untuk Dimodifikasi Sesuai Fungsi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alat Mekanis Multifungsi Pedesaan (AMMDes) kembali menarik perhatian. Belum lama ini, kendaraan buatan bangsa yang bisa dibuat menjadi banyak fungsi tersebut langsung dipesan sebanyak 10.000 unit untuk dikirim ke Afrika.

AMMDes memang menarik banyak perhatian karena sesuai namanya, kendaraan ini bisa diubah menjadi berbagai fungsi. Salah satunya menjadi ambulance feeder yang digunakan di Kabupaten Lebak, Banten.

Andre Mulyadi, pendiri National Modificator & Aftermarket Association (NMAA), mengatakan, AMMDes memiliki kelebihan utama yaitu mudah untuk dimodifikasi untuk berbagai fungsi.

"Kalau untuk dijalankan, kita belum sempat coba. Jadi, tidak tahu bagaimana kelebihan dan kekurangan dari segi performanya. Tapi, untuk dimodifikasi, menurut saya AMMDes ini memang didesain agar mudah untuk diubah sesuai dengan fungsinya," ujar Andre, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Pada September 2019 lalu, Kementerian Perindustrian juga menggelar lomba modifikasi digital AMMDes yang hasilnya diumumkan di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2019. Hasilnya, ada ratusan desain yang diajukan oleh banyak peserta.

"Seperti yang menang di kontes kemarin, kita buatkan skala 1:1 untuk truk mini mixer. Kendaraan ini menurut saya bagian pentingnya di sasis saja. Jadi, bagian lainnya itu mudah untuk diganti-ganti atau dimodifikasi," kata Andre.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/07/163500715/desain-ammdes-dirancang-mudah-untuk-dimodifikasi-sesuai-fungsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke