Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Indonesia, Ini Negara yang Pasang Singing Road

Kompas.com - 07/01/2020, 16:01 WIB
Ari Purnomo,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Pengelola jalan tol Ngawi-Kertosono sudah memasang singing road atau jalan bernada. Pengendara yang melintasi ruas ini dengan kecepatan yang disarankan akan mendengarkan alunan nada lagu “Happy Birthday”.

Keberadaan singing road ini diharapkan bisa meningkatkan konsentrasi pengendara sehingga tidak bosan saat melintas di ruas tol tersebut. Dengan begitu, pengendara bisa semakin konsentrasi saat mengemudi.

Selain di Indonesia, sejumlah negara di dunia ternyata sudah memasang Singing Road. Meskipun setiap negara tersebut mempunyai penyebutan yang berbeda, tetapi pada dasarnya adalah sama.

Jepang

Di Jepang singing road diberi nama jalan melodi (Melody Road). Jalan melodi sendiri ternyata sudah dipasang sejak tahun 2007 silam.

Pemasangan jalan melodi ini tidak terlepas dari ketidaksengajaan seorang Shizuo Shinoda yang menggoreskan beberapa tanda dengan buldosernya di jalan. Ternyata hal itu menimbulkan suara.

Baca juga: Singing Road di Tol Trans-Jawa Diklaim Bisa Tingkatkan Konsentrasi Pengemudi

Barulah pada tahun 2007 Institut Penelitian Industri Nasional Hokkaido, melakukan penyempurnaan desainnya. Sehingga, nada yang ditimbulkan menjadi semakin bagus.

Sampai saat ini setidaknya sudah ada 30 jalan di jepang yang memasang jalan melodi.

Belanda

Jalan bernyanyi juga dipasang di Belanda. Negeri kincir angin itu pertama kali memasang jalan bernyanyi di dekat Desa Jelsum di Friesland.

Bagi pengendara yang melintas dengan kecepatan yang disarankan akan bisa mendengarkan lagu kebangsaan berjudul De Alde Friezen.

Akan tetapi, jika pengendara melintas dengan kecepatan yang tidak sesuai, mereka hanya akan mendengarkan nada tanpa kunci.

Hanya saja, jalan bernyanyi itu sudah dihapus karena adanya keluhan dari warga sekitar.

Baca juga: Singing Road Cocok Dipasang di Lokasi Rawan Kecelakaan

Korea Selatan

Korea Selatan juga memasang jalan bernyanyi. Jalan bernyanyi diantaranya di dekat Anyang, Gyeonggi. Keberadaan jalan ini ditujukan untuk mengurangi angka kecelakaan yang terjadi di jalan tersebut.

Bagi pengendara yang melintas dengan kecepatan yang ditentukan maka akan bisa mendengarkan lagu yang berjudul “Mary Had a Little Lamb"

Amerika Serikat

Negeri Paman Sam ini juga memiliki jalan bernyanyi. Di Amerika jalan tersebut diberi nama Civic Musical Road.

Pembangunan jalan bernyanyi di Amerika sendiri sudah dilakukan pada September 2008. Hanya saja tidak berselang lama, penduduk di sekitar jalan mengeluh sehingga jalan bernyanyi pun dihilangkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com