Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Mobil Desa Jadi Penyelamat Ibu Hamil, Bayinya Diberi Nama Amdes

Kompas.com - 07/01/2020, 13:03 WIB
Ari Purnomo,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alat Mekanis Multiguna Pedesaan ( AMMDes) tidak hanya untuk pertanian atau perdagangan saja. AMMDes juga difungsikan sebagai salah satu sarana kesehatan di pedesaan.

Keberadaan AMMDes untuk ambulance feeder ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan. Terlebih bagi ibu-ibu yang akan melahirkan sementara tempat tinggalnya jauh dari rumah sakit atau Puskesmas.

Sejak diluncurkan, setidaknya AMMDes ambulans feeder ini sudah menyelamatkan dua ibu hamil di Banten. Saat itu, seorang ibu bernama Paini (27) yang hendak melahirkan.

Tetapi, karena lokasi Puskesmas dari rumahnya cukup jauh sehingga harus diantar menggunakan ambulance feeder. Dan belum sampai di Puskesmas Kecamatan yang dituju, Paini sudah melahirkan bayinya dengan selamat.

Baca juga: Kisah Unik AMMDes Jadi Penyelamat Ibu Hamil

Bahkan, anak dari Paini diberi nama Amdes alias Ahmad Deswanto.

"Ibu Paini yang sedang hamil tua, telah melahirkan di dalam AMMDes sebelum mencapai Puskesmas Kecamatan. Ibu dan bayi selamat," kata Irwan Julianto, Anggota Dewan Penasehat USAID dalam siaran resmi beberapa waktu lalu.

AMMDes Ambulance FeederKemenperin AMMDes Ambulance Feeder

Kejadian serupa juga kembali terjadi pada Desember 2019 lalu. Seorang ibu dari Desa Kadurahayu, Lebak, Banten, bernama Sawiyah melahirkan di dalam ambulan feeder.

Saat itu, Sawiyah sudah hendak melahirkan dan mengalami proses pembukaan kedelapan. Dalam perjalanan ke Puskesmas Desa Mekarmanik, Sawiyah yang ditolong menggunakan AMMDes harus berhenti di perjalanan untuk melakukan proses persalinan.

Baca juga: AMMDes Jamilah Berhasil Pukau Menkes

Proses persalinan yang dilakukan menjelang pukul 02.00 WIB ini. Sawiyah pun berhasil melahirkan seorang anak dalam kondisi sehat yang dinamakan Amanda Desvita, dengan panggilan Amdes.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian ( Kemenperin) Putu Juli Ardika, melalui keterangan resminya menyampaikan, hal tersebut membuktikan bahwa AMMDes sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya bagi ibu hamil.

AMMDes Ambulance FeederKemenperin AMMDes Ambulance Feeder

Putu menambahkan, peran AMMDes menjadi bukti nyata terhadap upaya menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB).

AMMDes ambulance feeder ini menjadi proyek percontohan, karena di Kabupaten Lebak masih ada belasan desa yang akses jalannya buruk dan berbatu-batu, sehingga sulit dijangkau dengan mobil ambulans konvensional.

Baca juga: AMMDes Listrik Dilengkapi Sistem Keamanan Canggih Berbasis Smartphone

“AMMDes ini dilengkapi defential lock dengan ban yang bisa disesuaikan dengan medan jalannya, sehingga tidak selip untuk menempuh medan ekstrim dan infrastruktur minim,” kata Putu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com