Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Waktu Servis Motor yang Terendam Banjir

Kompas.com - 04/01/2020, 14:32 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sepeda motor menjadi alat transportasi utama untuk kegiatan sehari-hari. Dikarenakan banjir yang baru melanda sejumlah daerah di DKI Jakarta dan banyak motor terendam banjir, maka kebutuhan masyarakat melakukan servis motor menjadi tinggi.

Servis pada motor yang terendam sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli, lebih baik lagi jika dilakukan di bengkel resmi. Oleh karena itu, berapa lama pengerjaan motor yang terendam banjir sampai kembali ke kondisi normal?

Gofur, kepala mekanik Astra Motor Center Jakarta di JL. Dewi Sartika, Jakarta Selatan mengatakan, pengerjaan motor yang terkena banjir bisa sampai satu jam. Hal tersebut dikarenakan setelah jasa servis dilakukan, bisa ada jasa tambahan yang memang dilakukan karena motor terendam.

Baca juga: Honda PCX Terendam Banjir, Biaya Servis Tembus Jutaan Rupiah

bongkar cvtFathan bongkar cvt

“Waktu pengerjaan bisa sampai satu jam. Jasa servis sudah termasuk cek bekas terendam, dari jasa tadi ditambah juga bongkar CVT dan kuras oli. CVT kan bagian yang pasti terendam padahal dia seharusnya kering, jadi pasti dibongkar dan dibersihkan,” ucap Gofur kepada Kompas.com pada Jumat (3/1/2020).

Namun lamanya pengerjaan motor juga dikarenakan ramainya antrean pada bengkel resmi. Sejak awal bengkel buka pada 2 Januari, selalu ada pemilik motor yang datang untuk memeriksakan motornya yang terendam banjir.

“Bengkel dari kemarin selalu ada pemilik yang datang untuk mengecek motornya. Yang tinggal dekat dari bengkel ada yang menuntun motornya da nada juga yang telepon untuk dijemput motornya dengan mobil bak,” kata Gofur.

Baca juga: Motor Terendam Banjir, Ini Estimasi Biaya Servisnya

Gofur melanjutkan, pemilik motor harus sabar karena banyak antrian motor yang dikerjakan. Terdapat 20 mekanik yang menangani motor bengkel Astra Motor Center Jakarta. Pendaftaran servis juga dibatasi.

“Untuk operasional biasanya bengkel buka sampai jam setengah lima, tapi tergantung kondisi juga, jika masih ada antrian motor dan bisa diselesaikan hari itu juga, biasanya diselesaikan dulu. Pendaftaran servis juga ditutup melihat kondisi, ada berapa mekanik dan satu mekanik mempunyai target delapan motor. Jadi total mekanik dikalikan delapan, itu batas maksimalnya,” ujar Gofur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com