Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda AC Mobil Sudah Mulai Bermasalah, Ini Kisaran Biaya Perbaikannya

Kompas.com - 19/12/2019, 17:16 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Air conditioner (AC) atau penyejuk ruangan merupakan salah satu fitur wajib yang harus tersedia di mobil guna menambah kenyamanan perjalanan. Namun bagian ini juga tak luput dari kerusakan.

Business Development AC Rotary Bintaro Adi Satria menyatakan, rata-rata AC tidak berfungsi optimal karena ada masalah pada kompresor. Hal ini terjadi baik karena ada permasalahan di dalamnya maupun sudah masuk jangka waktu pergantian atau perawatan.

"Macam-macam, bisa karena tekanan kompresornya berkurang, masalah di freon, dan sebagainya. Secara umum, pergantian oli kompresor itu tiap 40.000 kilometer sekali," katanya saat dihubungi KOMPAS.com, Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Baca juga: Tips Mengemudi Aman di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek

Kompresor AC mobil copotan. Hati-hati memilih.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Kompresor AC mobil copotan. Hati-hati memilih.

Kelvin Ong, Kepala Bengkel Rotary menambahkan, biasanya yang akan dirasa oleh pengemudi atau penumpang ketika AC mobil sudah tidak berkerja secara optimal adalah punggung terasa hangat atau gerah.

"Ini terjadi khususnya pada siang hari. Tangan memang terasa dingin, tapi punggung masih hangat dan keringetan. Jika speed AC-nya dinaikkan, mulai terasa. Tapi seiring berjalannya waktu, yang terasa hanya angin saja," katanya.

Adapun perbaikan AC mobil, lanjut Kelvin, tergantung pada tingkat kesulitan dan jenis mobilnya. Tapi rata-rata untuk servis mulai Rp 300.000 sampai Rp 1,5 jutaan.

"Itu termasuk pergantian spare part. Jika pergantian medium, sekitar Rp 1 juta. Ini pengerjaannya bisa tanpa bongkar. Sementara servis besar, mulai dari Rp 1,5 jutaan termasuk flushing system dan pergantian oli kompresor," ujar dia.

Baca juga: 3 Jurus Merawat AC Mobil Supaya Tetap Sejuk

Bengkel AC Rotary Bintaro Bengkel AC Rotary Bintaro

AC Rotary Bintaro merupakan bengkel AC mobil yang didirikan mulai tahun 2000. Bengkel yang menambah cabangnya di wilayah Jakarta Selatan ini sudah cukup dikenal pecinta otomotif roda empat maupun komunitas.

"Pada pembukaan cabang baru ini, kami menawarkan diskon perbaikan sebesar 50 persen untuk jasa dan 10 persen untuk komponennya. Diskon bisa dinikmati mulai 15 Desember 2019 sampai 15 Januari 2020," kata Adi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com