Tips Mengemudi Aman di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 04/12/2019, 10:48 WIB
Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Elevated Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRJalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Elevated

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek II) atau Elevated akan dibuka pada 15 Desember 2019. Diharapkan, jalan tersebut bisa mengurai kepadatan kendaraan jelang libur Natal dan tahun baru 2020.

Bagi para pengendara yang akan melintasi ruas tersebut, diharapkan untuk menjaga emosi berkendara. Sebagaimana dikatakan Senior Driving Consultant dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, risiko kecelakaan di jalan yang belum pernah dilewati sebelumnya cukup tinggi.

"Prinsip dasar dari melewati jalan yang relatif baru atau tidak pernah dilewati sebelumnya adalah atur kecepatan kendaraan sesuai rambu dan jangan meledakkan emosi. Berkendara sesuai akal sehat," katanya kepada KOMPAS.com, di Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Baca juga: Tol Layang Jakarta-Cikampek Dibuka pada 15 Desember 2019

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II ElevatedDokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Elevated

Saat jalanan kosong, lanjut dia, kontrol emosi menjadi lebih sulit. Apalagi jika kendaraan mendukung untuk dipacu hingga melebihi batas aturan kecepatan jalan.

"Semua itu harus dipertimbangkan, jangan karena kosong langsung tancap gas. Ingat, kita belum mengenal jalan itu. Artinya, semua titik masih 'buta'. Siapa tahu di beberapa titik ada level jalan yang berbeda dan bumpy," kata Sony.

"Apalagi ini Tol Layang, kita harus perkirakan juga seberapa kuat hembusan angin dan pengaruhnya terhadap kendaraan (handling)," paparnya.

Baca juga: Progres Tol Layang Jakarta-Cikampek Nyaris Kelar

Petugas mengatur lalu lintas kendaraan di ruas jalan tol Cikampek Utama KM 70, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). PT Jasa Marga (Persereo) Tbk memberlakukan sistem satu arah (one way) sejak pukul 14:05 WIB untuk kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta yang dimulai dari gerbang tol Kalikangkung KM 414 hingga gerbang tol Cikampek Utama KM 70 yang rencananya akan diberlakukan hingga Minggu (9/6/2019).ANTARA FOTO/MUHAMAD IBNU CHAZAR Petugas mengatur lalu lintas kendaraan di ruas jalan tol Cikampek Utama KM 70, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). PT Jasa Marga (Persereo) Tbk memberlakukan sistem satu arah (one way) sejak pukul 14:05 WIB untuk kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta yang dimulai dari gerbang tol Kalikangkung KM 414 hingga gerbang tol Cikampek Utama KM 70 yang rencananya akan diberlakukan hingga Minggu (9/6/2019).

Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas) Irjen Pol Istiono memastikan bahwa tol layang yang membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat ini akan dibuka pekan depan. Rencananya, hanya kendaraan pribadi yang boleh melintas di jalur tersebut.

"Tanggal 15 Desember 2019 nanti akan diberlakukan elevated mulai Kilometer (Km) 10 sampai Km 48," katanya, beberapa waktu lalu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X