Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersihkan Evoporator AC Mobil Pakai Teknik Semprot

Kompas.com - 09/07/2019, 11:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Jika biasanya servis AC mobil bersifat ringan seperti membersihkan filter dan blower, maka kini pembersihan evoporator bisa dilakukan dengan mudah menggunakan teknik semprot.

Evaporator AC yang biasanya terletak di belakang dasbor mobil akan dimasukkan alat khusus bernama endoskopi. Alat ini akan menyemprot evoporator dengan air bertekanan untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel.

Baca juga: Teknik Cuci Mobil Baru, Tanpa Sentuhan

Stephen Setyadi, Manager Marketing Autoglaze, perusahaan penyedia jasa perawatan mobil, mengatakan, dengan menggunakan endoskopi pembersihan evoporator jadi lebih singkat karena tidak perlu bongkar apapun. Prosesnya hanya memakan waktu 1 jam dari awal hingga selesai.

"Endoskopi ini punya kamera dan bisa menyemprotkan angin serta air. Caranya alat dimasukkan ke lubang jalur evaporator. Kemudian disemprot dengan cairan khusus, lalu dibilas pakai air dan tekanan angin,” kata Stephen di Tangerang, Senin (8/7/2019).

Evaporator AC mobilFoto: Dokter Mobil Evaporator AC mobil

Baca juga: Musim Kemarau, Cek Kondisi Filter Udara

Stephen mengatakan, fungsi evoporator cukup penting di dalam komponen pendingin mobil. Namun selama ini masih kurang diperhatikan. Padahal pembersihan blower dan filter kurang maksimal tanpa evoporator.

"Pernah tidak waktu kita nyalakan mobil terasa udara yang keluar tidak enak. Itu bisa jadi karena evoporatornya kotor. Meski blower dan filternya bersih tapi kalau evoporatornya masih kotor sama saja," kata Stephen.

Dengan membersihkan evoporator maka sirkulasi AC lebih lancar, sehingga suhu udara di dalam kabin tetap dingin. Evaporator yang awet dan tahan lama, akan membantu masa hidup komponen AC lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com