Kompas.com - 17/12/2019, 09:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai sepeda motor berkubikasi mesin besar (moge) tidak bisa disamakan dengan motor bermesin kecil yang lebih umum. Butuh keterampilan khusus, termasuk juga saat melakukan pengereman.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, tak sedikit pengendara moge yang melanggar rambu-rambu batas kecepatan. Apalagi jika dirasa jalanan sedang sepi.

Baca juga: Pengguna Moge Tabrak Nenek dan Cucu, Ini Etika Berkendara yang Benar

"Untuk pengereman, sebenarnya tekniknya sama saja dengan menggunakan sepeda motor cc kecil, yaitu dengan menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan," ujar Agus, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Ilustrasi motor gede (moge) dan penunggangnya.SHUTTERSTOCK/LUKAS GOJDA Ilustrasi motor gede (moge) dan penunggangnya.

Agus menambahkan, kedua rem sama-sama dioperasikan untuk kekuatan pengereman yang lebih baik. Namun, penting juga untuk menyesuaikan pengereman dengan rute yang dilakui.

"Misalkan, jalan kering aspal dan kondisinya bagus atau mulus, maka rem depan ditarik lebih kuat agar pengereman lebih maksimal," kata Agus.

Baca juga: Berapa Kapasitas Minimal Mesin Motor yang Disebut Moge?

Namun, Agus juga mengingatkan, jika jalanan licin, berbatu, dan berpasir, maka rem depan harus dikurangi agar roda depan tidak slip atau tergelincir.

"Paling penting adalah pengendara harus bisa menguasai kendaraannya dan paham dengan karakter sepeda motornya," ujar Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.