Proyeksi Penjualan 2020, Ini Kata Toyota

Kompas.com - 08/12/2019, 10:31 WIB
Sales promotion girl berpose di gerai toyota saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (28/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO KRISTIANTO PURNOMOSales promotion girl berpose di gerai toyota saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (28/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Turunnya penjualan di 2019 ini, membuat Toyota tak ingin muluk-muluk menerawan perkembangan pasar untuk 2020 mendatang. Apalagi dengan kondisi perekonomian yang belum sepenuhnya stabil.

Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy, menjelaskan meski meyakini adanya kenaikan, tapi secara jumlah tidak akan langsung melonjak drastis atau bisa seperti 2018 lalu.

"Untuk tahun depan pasti ada kenaikan lah tapi tidak akan seperti 2018. Tidak akan jauh beda dari sekarang, kalau tahun ini kan market di angka 1 juta plus. Kalau di 2020 tidak ada isu apa-apa, mudah-mudahan bisa naik," ucap Anton kepada media di Jakarta, Kamis (5/12/2019) lalu.

Baca juga: Awal 2020, Toyota Indonesia Punya Bos Baru

Lebih lanjut Anton mengatakan, pasar Toyota di 2019 memang mengalami depresiasi bila dibandingkan 2018. Penyebabnya karena dua hal, akibat gejala politik dan ekonomi yang kurang baik sehingga membuat daya beli melemah.

Ada beberapa faktor yang menentukan penjualan di Telkomsel IIMS 2019. Foto: Istimewa Ada beberapa faktor yang menentukan penjualan di Telkomsel IIMS 2019.

Dari jumlah penjualan, sejak Januari hingga Oktober 2019, Toyota menggaku telah mencatat angka 275.374 unit. Sedangkan di November sendiri, kisaran sementara masih 28.900 unit, karena sampai saat ini masih dalam proses pengumpulan data.

"Kalau dibandingkan 2018 kita turun lima sampai enam persen, tapi kalau secara market itu turun kira-kira 10 persen. Tahun depan yang pasti kompetisi akan makin ketat, karena banyak produk baru juga yang akan dirilis," kata Anton.

Baca juga: Akhir Tahun, Toyota Mulai Banting Harga Puluhan Juta Rupiah

Spesifikasi lengkap All New Toyota Corolla Altis 2019Stanly Spesifikasi lengkap All New Toyota Corolla Altis 2019

Lebih lanjut Anton menjelaskan dari segi strategi, Toyota akan tetap menjalani yang sudah ada. Bukan hanya dari segi mobil atau produk baru saja, tapi juga menguatkan layanan yang lebih terkait ke sisi pengalaman konsumen setelah memilih produk Toyota.

Ketika ditanya soal produk- baru yang akan dirilis pada 2020, Anton masih enggan untuk membuka keran informasi. Namun dia memastikan bakal ada beberapa pengembangan produk di 2020 mendatang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X