Honda Belum Pastikan Bawa City Baru

Kompas.com - 26/11/2019, 08:02 WIB
Honda City 2020 KOMPAS.com/RulyHonda City 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Harmonisasi skema Pajak Penjualan atas Barang Mewah ( PPnBM) kendaraan bermotor di Indonesia menghapuskan diskriminasi atas mobil berjenis sedan.

Berdasarkan regulasi yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 Tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai PPnBM, dasar pengenaan tarif PPnBM tidak lagi pada bentuk bodi kendaraan. Melainkan besaran emisi gas buang atau efisiensi bahan bakarnya.

Meski demikian, skema baru ini tidak lantas membuat produsen otomotif dalam negeri berminat mengeluarkan mobil sedan. Sebab tidak ada jaminan masyarakat Indonesia tertarik menggunakan mobil kecil tersebut.

Baca juga: Honda Masih Tunggu Momentum Luncurkan Mobil Listrik di Indonesia

Honda City 2020KOMPAS.com/Ruly Honda City 2020

"Kebijakan ini akan mulai berlaku pada 2021, kita lihat dahulu kondisi pasar dan kebutuhan konsumen akan sedan seperti apa. Tapi memang ada potensi untuk bertumbuh, tapi seberapa besar kita akan tetap watching," kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy di Jakarta, Minggu (24/11/2019).

"Terkait faktor yang menentukan sedan akan laris ialah infrastruktur, kebutuhan yang berkaitan dengan kapasitas penumpang (diperuntukkan keluarga), dan lain sebagainya," ujar dia.

Honda City 2020KOMPAS.com/Ruly Honda City 2020

Oleh sebab itu, lanjut Yusak, sampai saat ini HPM belum memutuskan untuk membawa Honda City 2020 yang baru saja melakukan debut di Thailand, 25 November 2019 lalu.

Baca juga: Aturan PPnBM Baru, Sedan Bakal Laris di Indonesia?

"Belum kita pastikan, tapi memang loyalis sedan Honda di Indonesia masih besar. Kita akan lihat dahulu bagaimana permintaan pasar," katanya.

Sebagai informasi, sedan yang masih eksis di Indonesia ini memiliki perubahan di berbagai faktor. Mobil menjadi lebih panjang 100 mm dari model sebelumnya, sehingga lebih mirip mini sedan. Menariknya, sumbu roda jadi lebih pendek jadi 11 mm.

Interior Honda City 2020KOMPAS.com/Ruly Interior Honda City 2020

Di Thailand, mobil dipercayai mesin berkapasitas 1.0 liter turbo yang mampu menghembuskan tenaga sebesar 122 daya kuda dan torsi 173 Nm. Mesin in idisalurkan ke roda penggerak depan melalui transmisi CVT.

City juga mendapat pilihan mesin bensin 1,5 liter yang dipadukan dengan teknologi hybrid i-MMD. Teknologi tersebut sebelumnya telah disematkan pada Honda Jazz (Fit) yang baru dikenalkan di Tokyo Motor Show 2019.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X