Kompas.com - 25/11/2019, 12:22 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai distributor Mazda di Tanah Air, resmi merilis Mazda2 facelift di Jakarta, Sabtu (23/11/2019).

Mobil yang bermain di kelas hatchback ini hadir dengan sedikit penyegaran guna memanjakan calon konsumennya.

Paling menarik untuk dicermati adalah dari sisi harga. Pasalnya, Mazda kini memasarkan hatchbacknya tersebut lebih murah dari versi sebelumnya, yakni Rp 285,3 juta untuk tipe R dan Rp 302,8 juta untuk tipe GT.

Bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya, banderol Mazda2 Tipe R sudah diangka Rp 290,6 juta, sementara model tertinginya mencapai Rp 328,6 juta. Bahkan harga tersebut paling mahal dibandingkan kompetitornya di kelas hatchback Jepang.

Baca juga: Mazda Bawa CX-8 Ke Indonesia Tanpa Mesin Turbo

Direktur Penjualan dan Pemasaran PT EMI Ricky Thio menjelaskan bila penyusutan harga dikarenakan adanya sejumlah fitur yang dihilangkan.

Interior Mazda2 facelift Interior Mazda2 facelift

"Penurunannya sekitar Rp 20 juta, bukan karena downgrade tapi lebih ke penyesuaian dari kebutuhan konsumen, karena di tiap segmen itu kan beda-beda kebutuhannya," ucap Ricky kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (23/11/2019) lalu.

Beberapa fitur yang dipangkas diambil dari teknologi i-activsense. Salah satunya seperti smart city brake support (SCBS) yang membuat Mazda2 bisa melakukan penegereman sendiri melalui near-infrared laser sensor pada kaca depan.

Menurut Head of Departement PR and Media Communication EMI Fedy Dwi Parileksono, dicopotnya fitur tersebut didasari beberapa pertimbangan. Namun paling utama dikarenakan keberadaanya jarang digunakan dan dirasa belum terlalu perlu untuk pasar Indonesia.

Baca juga: Ini Dia Versi Terbaru Mazda2 dan CX-5

AC digital Mazda2 diganti model manual AC digital Mazda2 diganti model manual

Selain itu, dengan adanya penurunan harga, tentu juga akan membuat posisi harga Mazda2 lebih kompetitif dengan para kompetitornya, seperti Honda Jazz atau Toyota Yaris.

"Kita lihat karena fitur tersebut tidak terlalu dibutuhkan, jadi kita lepas. Sebenarnya paling banyak pengurangannya itu di tipe R, kalau diperhatikan AC digital juga sudah dilepas, kita gantikan ke model manual," kata Fedy.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.