Ingin Pelihara Binter Merzy Perhatikan Catatan Berikut

Kompas.com - 22/11/2019, 09:32 WIB
Kawasaki Binter Merzy Foto: OLX.comKawasaki Binter Merzy

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski usianya sudah tidak muda, Kawasaki KZ200 atau biasa disebut Binter Merzy masih digemari banyak orang. Salah satunya karena desainnya yang mengotak untuk ukuran tahunnya.

Himawan Wicaksono, pemilik Binter Merzy tahun 1982, mengatakan, populasi Binter Merzy saat ini masih cukup banyak. Soal perawatan sebetulnya tidak terlalu sulit karena onderdilnya masih cukup banyak ditemui.

Baca juga: Ngeri, Motor Tua Bangka Binter Merzy Pakai Mesin Supercharger

"Awalnya memang kesulitan di parts. Tapi setelah ketemu bengkel yang cocok sudah gampang. Karena pasti ketemu barang yang dicari. Sulitnya sebetulnya perintilan orisinil, karena barangnya ada tapi harganya mahal," katanya kepada Kompas.com, Kamis (21/11/2019).

Kawasaki Binter Merzy generasi awal bentuk tangkinya lebih membulatFoto: Otosite.net Kawasaki Binter Merzy generasi awal bentuk tangkinya lebih membulat

Bagong panggilannya, mengatakan, salah satu contoh komponen yang mahal ialah klason. Untuk parts orinisil, piranti komunikasi antar kendaraan itu sekarang bisa dibanderol Rp 1 juta, bahkan tutupnya saja Rp 300.000.

Senada dengan Bagong, pemilik Binter Merzy tahun 1982 asal Boyolali, Jawa Tengah, Geger Suryo Murni, mengatakan, onderdil masih cukup mudah dicari namun harga barang orisinilnya cukup menguras kantung.

Baca juga: Binter Merzy Rebut Gelar Kustom Terbaik di Medan

"Sparepart itu bukan susah, ya walaupun susah juga, tapi sebetulnya masih ada, cuma harganya kalau ori lumayan mahal. Contohnya kampas kopling bisa Rp 500.000, pompa oli Rp 450.000. Tapi memang harus diakui bahwa mesinnya itu bandel," katanya.

Kawasaki Binter MerzyFoto: crisisclass27.blogspot.com Kawasaki Binter Merzy

Geger mengatakan, meski mahal kualitas tidak berbohong. Apalagi jika sudah memutuskan untuk main motor klasik. Selain merasa lebih tenang, memakai komponen asli juga mendatangkan kebahagiaan.

"Kalau buat saya sebetulnya soal komponen itu lumayan gampang. Sebab buat motor Jepang, Binter itu karakter mesin bandel, bahkan ketimbang Honda CB dan lainnya. kalau desain waduh, luwes, enak dilihat," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X