Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Godaan dari Kawasaki Ninja 250 4-Silinder

Kompas.com - 21/11/2019, 16:02 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki ZX-25R alias Nija 250 4-silinder meluncur di Tokyo Motor Show (TMS) 2019 beberapa waktu lalu.

Tak ingin tertinggal, Kawasaki Indonesia mulai menggoda publik dengan merilis teaser ZX-25R di akun Youtube.

Video perkenalan ZX-25R itu diunggah pada 14 November 2019 dan sampai berita diturunkan sudah ditonton lebih dari 81.000 orang. Adanya teaser ini pun memunculkan dugaan, Kawasaki sedang berencana memboyong motor baru tersebut.

Baca juga: 3 Perbedaan Ninja 250 4 Silinder dan Ninja 250 Fi

"Hahaha, masih jauh santai. Biar pada beli dulu yang sekarang (Ninja 250)," kata Line Head Sales and Production Department Marketing and Sales Division Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Sucipto Wijono," kepada Kompas.com, Kamis (21/11/2019).

Kawasaki Ninja ZX-25R, motor sport 250 cc dengan empat silinder, diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019Istimewa Kawasaki Ninja ZX-25R, motor sport 250 cc dengan empat silinder, diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019

Seperti disebutkan, sektor mesin ZX-25R mengusung jantung 250 cc 4 langkah, 4 silinder segaris, DOHC, 16 katup.

Sayangnya, tidak disebutkan berapa ukuran bore x stroke. Begitu pula dengan tenaga dan torsi yang dihasilkan, masih menjadi misteri.

Sasisnya menggunakan model trellis dengan bahan high tensile steel. Suspensi depan SFF-BP (Separate Function Fork Big Piston) sebutan Showa ini serupa yang dipakai Ninja ZX-6R. Sedangkan suspensi belakang, menggunakan tipe horizontal back-link.

Baca juga: Mengenal Kawasaki ZXR-250, Pendahulu Ninja 250 4 Silinder

Rem depannya meskipun single disc, tapi sudah dibekali dengan kaliper monoblok dengan radial mount. Di sektor elektronik, ZX-25R sudah dibekali dengan Kawasaki Traction Control (KTRC), Kawasaki Quick Shifter (KQS), dan Power Mode.

Belum ada bocoran mengenai di mana basis produksi untuk Ninja ZX-25R, apakah dilakukan oleh Kawasaki Heavy Industries (KHI) di Jepang atau Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com