Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Pelihara Binter Merzy Perhatikan Catatan Berikut

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski usianya sudah tidak muda, Kawasaki KZ200 atau biasa disebut Binter Merzy masih digemari banyak orang. Salah satunya karena desainnya yang mengotak untuk ukuran tahunnya.

Himawan Wicaksono, pemilik Binter Merzy tahun 1982, mengatakan, populasi Binter Merzy saat ini masih cukup banyak. Soal perawatan sebetulnya tidak terlalu sulit karena onderdilnya masih cukup banyak ditemui.

"Awalnya memang kesulitan di parts. Tapi setelah ketemu bengkel yang cocok sudah gampang. Karena pasti ketemu barang yang dicari. Sulitnya sebetulnya perintilan orisinil, karena barangnya ada tapi harganya mahal," katanya kepada Kompas.com, Kamis (21/11/2019).

Bagong panggilannya, mengatakan, salah satu contoh komponen yang mahal ialah klason. Untuk parts orinisil, piranti komunikasi antar kendaraan itu sekarang bisa dibanderol Rp 1 juta, bahkan tutupnya saja Rp 300.000.

Senada dengan Bagong, pemilik Binter Merzy tahun 1982 asal Boyolali, Jawa Tengah, Geger Suryo Murni, mengatakan, onderdil masih cukup mudah dicari namun harga barang orisinilnya cukup menguras kantung.

"Sparepart itu bukan susah, ya walaupun susah juga, tapi sebetulnya masih ada, cuma harganya kalau ori lumayan mahal. Contohnya kampas kopling bisa Rp 500.000, pompa oli Rp 450.000. Tapi memang harus diakui bahwa mesinnya itu bandel," katanya.

Geger mengatakan, meski mahal kualitas tidak berbohong. Apalagi jika sudah memutuskan untuk main motor klasik. Selain merasa lebih tenang, memakai komponen asli juga mendatangkan kebahagiaan.

"Kalau buat saya sebetulnya soal komponen itu lumayan gampang. Sebab buat motor Jepang, Binter itu karakter mesin bandel, bahkan ketimbang Honda CB dan lainnya. kalau desain waduh, luwes, enak dilihat," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/11/22/093200815/ingin-pelihara-binter-merzy-perhatikan-catatan-berikut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke