Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Terios Kejar Sunset di Sungai Terpendek Dunia

Kompas.com - 15/11/2019, 09:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

KOLAKA, KOMPAS.com - Perjalanan Terios 7 Wonders Magical Kolaka Adventure berlanjut. Setelah tiga dari tujuh destinasi Wonders dilalui, kini giliran menyambangi dua lokasi menarik lain yang memiliki keistimewaan tersendiri.

Lokasinya adalah Danau Biru dan Sungai Tamborasi yang menyandang predikat sebagai sungai terpendek di dunia. Perjalanan menuju Danau Biru dari Pantai Mahala ditempung kurang lebih 90 menit.

Jalur berkelok dan ruas jalan bervariasi kembali menjadi santapan bagi Terios. Untungnya, sebagai SUV tujuh penumpang Terios memiliki dimensi yang ringkas, sehingga sangat nyaman saat dihadapi dimensi ruas jalan yang minim.

Baca juga: Daihatsu Santai Hadapi Varian Baru Xpander, Dianggap Bukan Kompetitor

Perjalanan Terios 7 Wonders ke Sungai Terpendek di dunia Perjalanan Terios 7 Wonders ke Sungai Terpendek di dunia

Pada lintasan aspal menuju lokasi, redaksi berkesempatan merasakan sensasi tenaga Terios ketika pedal gas di tekan lebih dalam. Hasilnya, untuk torsi di putaran bawah memang tak perlu diragukan, tapi sayang sedikit kurang di bagian atas.

Kondisi berkelok pada jalan lintas provinsi untuk menuju lokasi juga cukup ekstrem. Namun, kondisi ini menjadi tantangan tersendiri bagi Terios menunjukkan handling serta kelincahannya untuk bermanuver.

Baca juga: Uji Ketangguhan Daihatsu Terios di Kolaka

Daihatsu Terios 7 Wonders jelajah Kolaka, Sulawesi Tenggara Daihatsu Terios 7 Wonders jelajah Kolaka, Sulawesi Tenggara

Adanya fitur vehicle stability control (VSC) cukup membantu akurasi Terios ketika melibas deretan tikungan tajam. Begitu juga dengan sitem pengereman anti-lock brake system (ABS) dan electronic brake force distribution (EBD) yang mampu mengoptimalkan pengereman ketika melewati turun curam.

Sesuai namanya, danau yang memiliki kedalaman hingga 10 meter tersebut memang memancarkan aura biru yang jernih. Kandungan bebatuan marmer yang melekat di dalamnya konon membuatnya jadi demikian.

Lokasi danau yang posisinya, tepat di tengah antara hutan dan laut, juga mampu menciptakan pemandangan spektakuler. Untuk jenis airnya sendiri payau dengan suhu sejuk.

Berkunjung ke Danau Biru di Kolaka, Sulawesi Tenggara Berkunjung ke Danau Biru di Kolaka, Sulawesi Tenggara

Usai mengunjungi Danau Biru, rombongan langsung bergegas mengejar momen matahari terbenan di lokasi istimewa lainnya, yakni Sungai Tamborasi yang merupakan Sungai Terpendek di dunia.

Letaknya berada di Desa Tamborasi, Kebaupaten Kolaka. Untuk menuju ke sana, Terios kembali digeber melewati rute kedatangan yang harus menghadapi ragam medan sebelumnya

Salah satu alasan kenapa dinamakan sungai terpendek lantaran jarak mata air tawar dan muara ke laut sangat dekat, hanya 20 meter saja. Sungai ini diklaim lebih pendek dari Sungai Ombla di Kroasia dan Roe di Amerika, sayangnya Sungai Tamborasi sendiri belum tercatat di dalam Guinnes Book of Record.

Daihatsu Terios 7 Wonders kunjugi Sungai Tamborasi yang merupakan sungai terpendek di dunia Daihatsu Terios 7 Wonders kunjugi Sungai Tamborasi yang merupakan sungai terpendek di dunia

Baca juga: Kapan Daihatsu Rocky Mesin 1,2 L Meluncur?

Petualangan ini pun menjadi destinasi Wonders kelima dari total tujuh destinasi yang akan ditempuh selama empat hari di Kolaka. Akhir perjalanan ditutup dengan menikmati sunset di tepian pantai dan rombongan kembali beristirahat.

"Penjelajahan Terios 7 Wonders kali ini mengantar para petualang menjelajahi keindahan alam nan magis sekaligus merasakan performa dan ketangguhan All New Terios untuk dibawa berpetualang ke destinasi mana saja,” kata Amelia Tjandra selaku Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), di Kolaka, Sulawesi Tenggara, Kamis (14/11/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com