Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Santai Hadapi Varian Baru Xpander, Dianggap Bukan Kompetitor

Kompas.com - 10/11/2019, 11:22 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi sesaat lagi akan menambah jajaran produknya di Indonesia. Mobil baru yang sesaat lagi meluncur digadang-gadang merupakan Xpander Cross.

Dari bocoran pemampilan siluetnya, diketahui Xpander Cross akan bermain di kelas yang berbeda, yakni sport utility vehicle (SUV).

Artinya, kompetisi di segmen tersebut pun akan semakin ketat setelah sebelumnya dikuasai duet Rush dan Terios.

Menggapi kondisi ini, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, mengatakan rencana yang diambil Mitsubishi cukup positif.

Baca juga: Alasan Mitsubishi Xpander Cross Hanya Berstatus Varian

"Menurut saya bagus, Mitsubishi melakukan sebuah strategi expanding sales volume dengan adanya penambahan varian baru tersebut," ucap Amel saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (9/11/2019).

Lebih lanjut Amel mengatakan, penambahan varian Xpander menjadi model crossover atau SUV, dianggap sebagai hal yang umum untuk dilakukan industri otomotif, termasuk Daihatsu sendiri.

Beredar bocoran sebuah siluet Mitsubishi Xpander model baruMMKSI Beredar bocoran sebuah siluet Mitsubishi Xpander model baru

Lebih lagi, mobil-mobil dengan genre SUV dan memiliki dimensi ringkas memang diakui Amel saat ini sedang menjadi tren secara pasar global. Lantaran hal tersebut, dia menggangap apa yang dilakukan Mitsubishi cukup sebagai manuvaer mengikut perkembangan pasar.

Ketika ditanya soal prospek SUV ke depannya, terutama untuk pasar Indonesia. Amel hanya mengatakan hal tersebut balik ke masalah bagaimana strategi marketing dan bagaimana kondisi ekonomi di Indonesia.

Baca juga: Meluncur Pekan Depan, Ini Reaksi Toyota soal Xpander Cross

"Pada intinya model baru memang pasti ada yang beli, tapi kalau bicara soal total market apakah akan naik atau berkembang itu tergantung gimana soal merketing dan daya beli di masyarakat, hubungan lebih ke makro ekonomi," ucap Amel.

Jurnalis Kompas.com/Agung Kurniawan ketika melakukan first drive model terbaru Mitsubishi Xpander Cross di Okazaki, Aichi, Nagoya, Jepang, Kamis (24/10/2019).Mitsubishi Jurnalis Kompas.com/Agung Kurniawan ketika melakukan first drive model terbaru Mitsubishi Xpander Cross di Okazaki, Aichi, Nagoya, Jepang, Kamis (24/10/2019).

Sementara ketika ditanya apakah nantinya kehadiran Xpander Cross bakal menggangu produk Daihatsu yang sudah ada saat ini, yakni Terios, Amel hanya menjelaskan bila dari hasil survei pasar Mitsubishi tidak menjadi kompetitor langsung untuk Daihatsu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com