Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Sering Ngobrol dengan Almarhum Afridza Munandar

Kompas.com - 03/11/2019, 08:30 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SEPANG, KOMPAS.com – Dunia balap Indonesia berduka usai kecelakaan maut menimpa Afridza Syach Munandar. Pebalap muda berusia 20 tahun meninggal pada balap pertama Asia Talent Cup (ATC) seri terakhir di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Tewasnya Afridza tak hanya menjadi sebuah kehilangan yang besar bagi dunia balap Tanah Air. Tapi banyak juga pebalap dunia kelas MotoGP merasa menyesal dengan insiden tersebut.

Pebalap Respsol Honda Marc Marquez jadi yang pertama mengucapkan rasa belasungkawanya. Menurut Marquez, dirinya pernah beberapa kali bertemu dan berbincang dengan Afridza. Komunikasi itu terjadi saat Marquez berkunjung ke Indonesia.

Baca juga: Meninggal di Sepang, Afridza Munandar Pebalap Indonesia Berprestasi

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Día triste en el motociclismo. Ha fallecido Afridza Munandar esta tarde tras un accidente en la carrera de la Asian Talent Cup! RIP Afridza! ???? Sad day for motorcycling. Afridza Munandar has passed away this afternoon after an accident in the Asian Talent Cup race! RIP Afridza????

Sebuah kiriman dibagikan oleh Marc Márquez (@marcmarquez93) pada 2 Nov 2019 jam 3:54 PDT

“Hari yang menyedihkan bagi dunia balap motor. Afridza Munandar sudah meninggat dunia saat balapan di ATC,” ucap Marquez di lama Instagram pribadinya.

Bukan cuma Marquez, ucapan serupa juga mengalir dari Team Suzuki Ecstar lewat Alex Rins dan Joan Mir. Keduanya saling memberi semangat kepada sesama pebalap dan mengucapkan selamat berduka kepada keluarga yang ditinggal.

Selain itu, akun Instagram Honda Racing Corporation dan Yamaha MotoGP pun turut mengucapkan hal serupa. Pun begitu akun resmi MotoGP termasuk para pebalap lain di kelas MotoGP.

Baca juga: Kronologi Tewasnya Afridza Munandar karena Kecelakaan di Sepang

Untuk diketahui, ATC adalah kompetisi balap motor yang diperuntukkan bagi pebalap muda di kawasan Asia dan Oseania. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Dorna, yang juga menjalankan kompetisi MotoGP dan Kejuaraan Dunia Superbike.

Bisa dikatakan, Afridza adalah salah satu yang terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini. Prestasinya tidak perlu diragukan dalam ajang balap motor.

Paling terakhir dua kali menang balap ATC 2019. Tepatnya race pertama seri Thailand dan race kedua seri Malaysia beberapa waktu lalu.

Total 142 poin sudah dicatat Afridza, dan hanya berselisih 27 poin dari Takuyama Matsuyama yang berada di puncak klasemen sementara ATC 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com