Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Mika Lampu Mobil yang Buram dan Menguning Modal Rp 200 Ribu

Kompas.com - 01/11/2019, 16:22 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mika lampu depan mobil yang sudah berumur biasanya dengan mudah berubah warna menjadi kuning. Kondisi ini umumnya terjadi pada mobil-mobil berusia di atas lima tahun.

Menguningnya mika lampu mobil akan mengurangi penampilan mobil secara keseluruhan, mobil jadi tampak kurang terawat dan termakan usia. Selain itu, pancaran sinar lampu juga bisa terganggu lantaran tertahan kondisi mika yang buram.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa melakukan perawatan sendiri dengan menggunakan obat poles yang tersedia di pasaran atau membawa mobil ke bengkel detailing untuk dibersihkan secara maksimal.

Baca juga: Menggunakan Lampu Sein, Ada Etika dan Aturannya

Mika lampu depan yang sudah dilakukan proses pembersihanIstimewa Mika lampu depan yang sudah dilakukan proses pembersihan

“Di tempat kami ada layanan headlight restoration yaitu restorasi lampu depan yang menguning. Prosesnya terbilang mudah dan cepat, karena tanpa pembongkaran,” ujar Stefanus Yoga dari Detailworks MotoSpa di Bintaro Jakarta Selatan kepada Kompas.com (1/11/2019).

Proses pembersihan mika lampu depan yang dilakukan dengan beberapa tahap. Tanpa dibongkar, lampu akan dibersihkan dengan alat dan obat khusus dalam beberapa jam.

Yoga menerangkan, usai dilakukan pencucian, mika lampu depan akan mendapat layanan wet sanding atau pengamplasan. Setelah itu lampu depan akan mendapat layanan compounding, polishing, dan semi coat.

Baca juga: Selain Sering Kena Panas, Ini Penyebab Mika Lampu Mobil Jadi Kusam

Bersihkan mika lampu dari kusamStanly/Otomania Bersihkan mika lampu dari kusam

Menurut Yoga, mika lampu depan yang menguning sifatnya tidak permanen dan masih bisa dibersihkan. Ia juga mengatakan, menguningnya lampu depan disebabkan karena kotoran yang terus menumpuk.

“Lampu bisa menguning karena kotoran yang telah menyerap ke mika lampu. Proses headlight restoration biayanya Rp 200.000 untuk dua buah lampu,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com