Salin Artikel

Atasi Mika Lampu Mobil yang Buram dan Menguning Modal Rp 200 Ribu

JAKARTA, KOMPAS.com – Mika lampu depan mobil yang sudah berumur biasanya dengan mudah berubah warna menjadi kuning. Kondisi ini umumnya terjadi pada mobil-mobil berusia di atas lima tahun.

Menguningnya mika lampu mobil akan mengurangi penampilan mobil secara keseluruhan, mobil jadi tampak kurang terawat dan termakan usia. Selain itu, pancaran sinar lampu juga bisa terganggu lantaran tertahan kondisi mika yang buram.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa melakukan perawatan sendiri dengan menggunakan obat poles yang tersedia di pasaran atau membawa mobil ke bengkel detailing untuk dibersihkan secara maksimal.

“Di tempat kami ada layanan headlight restoration yaitu restorasi lampu depan yang menguning. Prosesnya terbilang mudah dan cepat, karena tanpa pembongkaran,” ujar Stefanus Yoga dari Detailworks MotoSpa di Bintaro Jakarta Selatan kepada Kompas.com (1/11/2019).

Proses pembersihan mika lampu depan yang dilakukan dengan beberapa tahap. Tanpa dibongkar, lampu akan dibersihkan dengan alat dan obat khusus dalam beberapa jam.

Yoga menerangkan, usai dilakukan pencucian, mika lampu depan akan mendapat layanan wet sanding atau pengamplasan. Setelah itu lampu depan akan mendapat layanan compounding, polishing, dan semi coat.

Menurut Yoga, mika lampu depan yang menguning sifatnya tidak permanen dan masih bisa dibersihkan. Ia juga mengatakan, menguningnya lampu depan disebabkan karena kotoran yang terus menumpuk.

“Lampu bisa menguning karena kotoran yang telah menyerap ke mika lampu. Proses headlight restoration biayanya Rp 200.000 untuk dua buah lampu,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/11/01/162200215/atasi-mika-lampu-mobil-yang-buram-dan-menguning-modal-rp-200-ribu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.