Perkembangan Rencana STNK Baru Berbentuk Kartu

Kompas.com - 01/11/2019, 15:12 WIB
STNK skuter listrik Viar Q1 Triangle MotorindoSTNK skuter listrik Viar Q1
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai meluncurkan Smart SIM atau SIM Elektronik yang memiliki sejumlah kelebihan dibanding model sebelumnya. Kini Korlantas Polri kembali membuat gebrakan dengan berencana mengeluarkan e- STNK atau STNK Elektronik.

Seperti halnya Smart SIM, e-STNK akan berbentuk kartu dengan sebuah chip yang tertanam di dalamnya. STNK model baru ini jadi salah satu langkah Polri dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk memberi kemudahan bagi masyarakat.

Mengenai kapan waktu peluncuran STNK terbaru ini, Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Arif Fazlurrahman mengaku sedang mendalami penerapan dari rencana tersebut.

Baca juga: STNK Diubah Jadi Kartu, Polisi Akan Dilengkapi Alat Khusus

Ilustrasi STNK model baru yang disebut akan berubah menjadi kartuIstimewa Ilustrasi STNK model baru yang disebut akan berubah menjadi kartu

“e-STNK masih dalam wacana pembahasan, butuh FGD dan kajian lanjutan sebelum benar-benar diluncurkan,” ujarnya kepada Kompas.com (1/11/2019).

Sebelumnya, Direktur Registrasi Identifikasi (Regident) Korlantas Polri Brigjen Pol Halim Pagarra, mengatakan pihaknya sedang menyiapkan STNK model baru.

“Benar akan jadi kartu, namun desainnya masih bisa berubah, dalam pengkajian,” ucap Halim Pagarra saat ditanya Kompas.com (31/10/2019).

Baca juga: STNK Berbentuk Kartu, Bisa Dipakai Jadi Alat Pembayaran

Ilustrasi STNK Motor Listrik SDRIstimewa Ilustrasi STNK Motor Listrik SDR

Soal peluncurannya, Jenderal Bintang Satu ini belum dapat memastikan kapan rencana tersebut bakal terealisasi.

Meski begitu, STNK ini disebut punya beberapa keunggulan, salah satunya bisa menyimpan identitas pribadi dan melakukan berbagai pembayaran.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X