LAPORAN LANGSUNG DARI TOKYO MOTOR SHOW 2109

Menimang Mesin yang Cocok untuk Daihatsu Rocky di Indonesia

Kompas.com - 29/10/2019, 08:42 WIB
SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky
Penulis Stanly Ravel
|

OSAKA, KOMPAS.com - Dalam perhelatan Tokyo Motor Show (TMS) 2019, Daihatsu memberikan kejutan. Bukan hanya empat mobil konsep, tapi juga dengan hadirnya sosok sport utility vehicle ( SUV) compact terbarunya.

Mobil yang akan menjadi adik dari Terios itu pun digadang-gadang akan memakai nama Rocky seperti SUV kotak lawas Daihatsu. Walau sampai saat ini belum ada kejelasan waktu peluncurannya, namun dipastikan Rocky juga siap meramaikan pasar otomotif di Tanah Air.

Seperti diketahui, Rocky akan memiliki dua varian mesin bensin, yakni tiga silinder 1.000 cc dengan tubro, sementara satunya lagi diklaim sebagai mesin baru yang memiliki kapasitas 1.200 cc.

Baca juga: Harga Daihatsu Rocky Lebih Murah dari Terios, di Bawah Rp 200 Juta

Lantas mesin mana kiranya yang paling potensial bila dipasarkan di Tanah Air. Bila melihat dari kebanyakan jenis mobil bergenre SUV yang beredar, boleh dibilang hampir rata-rata tak ada yang menggunakan mesin 1.000 cc, apalagi tiga silinder.

Daihatsu Rocky nampakan diri di Tokyo Motor Show 2019 Daihatsu Rocky nampakan diri di Tokyo Motor Show 2019

Paling rendah mungkin 1.400 cc turbo seperti yang digunakan pada Chevrolet Trax. Berkaca dari hal tesebut, bisa jadi Daihatsu Indonesia akan lebih konsen ke mesin 1.200 cc dibandingkan 1.000 cc.

Apalagi bila melirik dari pola pengguna SUV yang kerap digunakan untuk berpetualang. Belum lagi ditambah kondisi kontur jalan di Indonesia yang rata-rata didominasi permukaan tak rata, otomatis urusan tenaga juga akan mejadi pertimbangan.

Namun demikian, ternyata Daihatsu sudah lebih dulu melakukan pengujian mesin turbo 1.000 cc tiga silinder di Indonesia. Hal ini dilakukan melalui salah satu prdok kei-carnya yang sempat viral beberapa waktu lalu, yakni Thor.

Baca juga: Daihatsu Rocky, Bakal Jadi Adik Terios? [VIDEO]

Menurut Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, tes jalan Thor yang beberapa waktu dilakukan adalah untuk keperluan riset mesin 1.000 cc turbo yang diklaim sama dengan yang digunakan Rocky.

SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky tampil di ajang Tokyo Motor Show 2019 SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky tampil di ajang Tokyo Motor Show 2019

"Hasilnya pengetesan kemarin bagus, mesinnya cukup kuat ternyata. Jadi itu mesin sama dengan yang dipakai SUV ini, turbo dan sudah CVT juga," ujar Amel kepada Kompas.com di sela-sela perjalan menuju outlet Daihatsu di Mie, Jepang, beberapa waktu lalu.

Dengan adanya pernyataan tersebut, bisa jadi Daihatsu justru akan memasukkan Rocky dengan dua pilihan mesin sekaligus bagi konsumen di Indonesia.

 

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X