Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jack Miller Terkejut Bisa Podium di Kandang Sendiri

Kompas.com - 27/10/2019, 14:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

PHILLIP ISLAND, KOMPAS.com - Pebalap Pramac Ducati Jack Miller, berhasil menyelesaikan balapan GP Australia yang berlangsung di sirkuit Phillip Island, Australia, Minggu (27/10/2019) di posisi ketiga.

Capaian ini membuatnya meneruskan perjuangan Casey Stoner yang berhasil mengamankan podium di kandang sendiri, Australia, pada 2012 lalu.

Meski demikian, Miller masih tidak percaya bahwa dirinya bisa berdiri di podium GP Australia. Sebab selama balapan berlansung ia merasa kesulitan untuk menyalip Cal Crutchlow yang terus mempertahankan posisi ketiga.

Baca juga: Hasil MotoGP Australia, Marquez Podium, Rossi Masih Tercecer


"Saya terus berusaha untuk menjaga irama balapan, tidak terlalu memaksakan diri hingga jelang akhir. Namun cukup sulit untuk mempertahankan posisi (ke-4) karena terlalu rapat, terlebih menyusul Cal di posisi tiga," katanya dilansir MotoGP, Minggu (27/10/2019).

"Namun saat di lap akhir, Maverick Vinales tersingkir dari balapan karena terjatuh dan saya berada di posisi ketiga. Jantung ku lansung berdetak 50 kali lebih cepat, benar-benar sulit dipercaya," ujar Miller lagi.

Jack Miller saat naik podium di sirkuit Austin, Texas.Donny Dwisatryo Priyantoro Jack Miller saat naik podium di sirkuit Austin, Texas.

Sebagai informasi, Miller memulai balapan dari posisi kesembilan. Ia mengaku bahwa balapan kali ini tidak akan mudah mengingat sudah di akhir musim 2019.

Selama 10 lap berlangsung, ia terus mempertahankan posisinya dari Andrea Dovizioso, Alex Rins, Valentino Rossi, Francesco Bagnaia, serta Jaon Mir. Sebab jarak antara posisi keempat hingga sembilan tidak terlampau jauh.

Baca juga: Klasemen MotoGP Terkini Usai GP Australia

Namun persaingan panas Marquez dengan Vinales hingga jelang akhir balap membawa keuntungan untuknya. Vinales tidak bisa melanjutkan balapan karena terjatuh saat merebutkan posisi pertama.

"Meraih podium di GP Australia adalah tujuan utama kami, yang menjadi seri kandang bagi saya. Saya menjalani balapan dengan perasaan senang karena ini yang paling saya nantikan. Saya berterimakasih kepada seluruh tim dan pebalap yang telah berlaga," kata Miller.

Torehan ini membuat Miller mengoleksi empat podium di MotoGP musim 2019. Namun ia masih berada di peringkat kedelapan pada klasmen sementara dengan raihan 141 poin, selisih 12 poin dengan Rossi yang berada di atasnya.

Marc Marquez menjalani latihan bebas MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019. AFP/WILLIAM WEST Marc Marquez menjalani latihan bebas MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019.

Hasil MotoGP Australia :

1. Marc Marquez SPA Repsol Honda
2. Cal Crutchlow GBR LCR Honda
3. Jack Miller AUS Pramac Ducati
4. Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati
5. Joan Mir SPA Suzuki Ecstar
6. Andrea Iannon ITA Factory Aprilia Gresini
7. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team
8. Valentino Rossi SPA Monster Yamaha
9. Alex Rins SPA Suzuki Ecstar
10. Aleix Espargaro SPA Factory Aprilia Gresini
11. Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha
12. Pol Espargaro SPA Red Bull KTM
13. Johan Zarco FRA LCR Honda
14. Karel Abraham CZE Reale Avintia
15. Hafizh Syahrin MAL Red Bull KTM
16. Jorge Lorenzo SPA Repsol Honda
Maverick Vinales SPA Monster Yamaha
Mika Kallio FIN Red Bull KTM
Tito Rabat SPA Reale Avintia
Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha
Danilo Petrucci ITA Ducati Team

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com