Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Rekor Baru Marc Marquez di MotoGP

Kompas.com - 27/10/2019, 10:40 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

PHILLIP ISLAND, KOMPAS.com - Aksi coba-coba Marc Marquez saat sesi latihan bebas di sirkuit Phillip Island, Australia (26/10/2019), berbuah rekor dunia baru, yakni lean angle alias sudut kemiringan motor saat menikung.

Marquez memang dikenal sebagai pebalap fenomenal yang gemar mencoba hal aneh, termasuk membuat sudut kemiringan ekstrem saat menikung. Pada sesi latihan GP Jerman lalu, dia pernah menikung dengan kemiringan 66 derajat tanpa terjatuh.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Australia, Vinales Terdepan, Rossi Mengejar

 

Kali ini, pebalap Repsol Honda tersebut membuat sudut kemiringan sampai 70,8 derajat di kecepatan 67 kilometer per jam, ketika mencoba ban Michelin baru untuk digunakan di GP Australia. Menariknya, capaian itu diperoleh Marquez tanpa kesengajaan alias coba-coba.

"Ini terjadi karena saya menggunakan ban depan yang terlalu empuk, sampai kehilangan grip. Saya langsung pasrah untuk jatuh pada saat tersebut, namun sebelum itu saya mencoba membuka gas untuk melihat apa yang terjadi," kata Marquez dikutip dari Crash, Minggu (27/10/2019).

"Rupanya motor langsung bereaksi seperti wheelie, dan akhirnya saya bisa selamat dari terjatuh," ujarnya lagi.

Marc Marquez menjalani latihan bebas MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019. AFP/WILLIAM WEST Marc Marquez menjalani latihan bebas MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019.

Memang, aksi coba-coba di tikungan 10 di sirkuit Philip Island itu tidak berjalan mulus. Marquez hampir terjatuh, dan membuat pebalap lain yang tepat berada di belakangnya, Danilo Petrucci, kaget.

Meski demikian, pemegang juara dunia MotoGP 2019 tersebut sukses memecahkan rekornya sendiri dalam hal membuat sudut kemiringan motor saat menikung. "Alex (adik Marquez) memotivasiku akan penyelamatannya yang hebat di Motegi, Jepang, kemarin. Untung saja kita berdua selamat dari kecelakaan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com