Efek Angin Kencang di Sirkuit Phillip Island Bagi Pebalap MotoGP

Kompas.com - 27/10/2019, 08:32 WIB
Pebalap Miguel Oliveira dari KTM Tech 3 MotoGP mengalami kecelakaan karena angin di Sirkuit Philiip Island autosport.comPebalap Miguel Oliveira dari KTM Tech 3 MotoGP mengalami kecelakaan karena angin di Sirkuit Philiip Island
|

JAKARTA, KOMPAS.comMotoGP Australia yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island mengalami perubahan jadwal. Jika sebelumnya sesi kualifikasi berlangsung Sabtu (26/10/2019), jadwal terbarunya diundur sampai Minggu (27/10/2019).

Artinya, babak kualifikasi akan berlangsung sesaat sebelum balap dimulai. Atau sebagai alternatif jika kualifikasi tetap tak bisa dilakukan, urutan start akan diambil dari akumulasi FP1 sampai FP3.

Keputusan ini terjadi lantaran angin kencang yang melanda Sirkuit Phillip Island. Seperti diketahui dengan letak geografis di pinggir pantai, sirkuit ini memang terkenal punya angin kencang dan agak mengganggu para pebalap.

Baca juga: Jadwal MotoGP Seri Australia 2019 Terbaru, Cuaca Buruk Ancam Pebalap

Sirkuit MotoGP Australia, Phillip Islandtwitter Sirkuit MotoGP Australia, Phillip Island

Seperti yang terjadi pada Miguel Oliveira (KTM Tech3) yang pada sesi latihan bebas tengah memacu kencang motornya di trek lurus. Tiba-tiba angin dari samping menabraknya dengan kuat hingga membuat Oliveira kehilangan keseimbangan dan berujung kecelakaan.

Kepada Crash, Aleix Espargaro pebalap Tim Aprilia Gresini mendukung keputusan Race Direction. Menurutnya kecepatan angin sangat tinggi dan tidak konstan sehingga sulit untuk memprediksi pergerakan motor.

“Jelas keputusan yang tepat, hampir semua orang setuju bahwa hari ini sangat berbahaya untuk tetap berkendara,” ujarnya.

Baca juga: Valentino Rossi Merasa Heran Atas Pemindahan Jadwal MotoGP Australia

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, highside crash di tikungan keenam pada menit-menit akhir sesi FP1 MotoGP Australia 2019 yang digelar di Sirkuit Philip Island, Australia, Jumat (25/10/2019).TWITTER.com/MOTOGP Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, highside crash di tikungan keenam pada menit-menit akhir sesi FP1 MotoGP Australia 2019 yang digelar di Sirkuit Philip Island, Australia, Jumat (25/10/2019).

Saat Oliveira mengalami kecelakaan, kebetulan Espargaro berada di belakangnya. Ia juga bisa merasakan langsung efek angin kencang, dan melihat sendiri apa yang dialami Oliveira.

Ia mengatakan, ketika di trek lurus, angin kencang yang menabrak motor akan membuat ban bagian depan terasa mengambang dan tak mendapat traksi.

Hal itu dirasa sangat berbahaya, siapapun dapat mengalami kecelakaan seperti halnya Oliveira. Tak hanya di trek lurus, saat menikung pun juga terasa berbahaya, meski dalam kecepatan rendah.

“Aku berada di belakang Oliveira saat dia kecelakaan, dia melakukan hal sempurna saat tikungan pertama, tapi angin yang datang sangat banyak, lalu menabraknya dan terjadi kecelakaan,” kata Espargaro.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X