Kenali Bahaya Naik Motor saat Kondisi Hujan Gerimis

Kompas.com - 11/10/2019, 09:02 WIB
Ilustrasi Berkendara Sepeda Motor di Musim Hujan ShutterstockIlustrasi Berkendara Sepeda Motor di Musim Hujan

JAKARTA, KOMPAS.com -Sejumlah wilayah di Jabodetabek dan sekitarnya mulai diguyur hujan. Bagi pengguna kendaraan, entah itu mobil atau sepeda motor, harus ekstra hati-hati ketika berkendara di jalan raya, selalu utamakan keselamatan.

Ketika musim hujan seperti ini, banyak pengendara motor yang melakukan kesalahan saat hujan mulai turun. Tak sedikit justru menjadi tergesa-gesa, karena mencari tempat berteduh. Padahal, sepuluh menit pertama hujan turun justru waktu berbahaya.

Hendrik Ferianto, Instruktur Keselamatan Berkendara PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, sebelum hujan itu jalanan masih penuh dengan debu, pasir, dan tanah.

Baca juga: Tips Memilih Ban Motor untuk Musim Hujan, Perlukah Ban Basah?

Dalam sepuluh menit pertama itu adalah proses di mana tanah dan debu terurai dengan air dan terbawa ke pinggir.

Ilustrasi berkendara saat hujankadintiyatrosu.org Ilustrasi berkendara saat hujan

"Selama sepuluh menit itu tanah dan pasir masih dalam proses terurai atau menjadi lumpur. Sehingga, sangat licin untuk dilewati," ujar pria yang akrab disapa Erik tersebut, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Erik menambahkan, baru sepuluh menit berikutnya tanah dan pasir tersebut akan tergeser ke pinggir. Namun, hal ini tergantung dari intensitas hujannya.

Baca juga: Pakai Kacamata Hujan-hujanan Naik Motor, Tak Masalah

"Kalau hujannya deras, tentu tidak sampai sepuluh menit. Tapi, jika prosesnya mulai dari gerimis, maka sepuluh menit pertama itu yang cukup krusial," kata Erik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X