Waspada, Marak Beredar Busi Palsu di Toko Online

Kompas.com - 07/10/2019, 09:01 WIB
Busi iridium (kiri) dan busi biasa (kanan). Ghulam/OtomaniaBusi iridium (kiri) dan busi biasa (kanan).
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski berbelanja online kini jauh lebih fleksibel, namun secara risiko ternyata menyimpan bahaya laten yang sangat merugikan. Paling sering seperti kasus-kasus penipuan.

Bahkan saat ini juga ikut merambah sampai ke produk-produk dunia otomotif, contohnya seperti pemalsuan busi.

Seperti dilansir dari Carscoops, sebuah lembaga yang menamakan diri Federal Chember of Automotive Industries (FCAI) di Australia, menemukan fakta bila 60 persen busi yang dijual online adalah palsu.

Baca juga: Cara Benar Pasang Busi Motor, Jangan Sampai Slek

Paling mengerikan, busi yang dipalsukan dan dijual melalui toko online tersebut sulit untuk dikenali secara kasat mata karena hampir sama dengan aslinya.

Ilustrasi pemalsuan busi Ilustrasi pemalsuan busi

Selain itu, oknum yang menjual busi palsu tersebut juga sampai berani mengemas dan mendagangkan busi tersebut langsung dengan merek pabrikan, seperti Nissan, Mazda, Honda, dan Toyota.

"Kami memiliki para ahli yang memeriksa kemasan dan busi, bahkan mereka hampir tidak dapat membedakannya. Anda tidak akan tahu itu palsu sampai anda terlambat sudah menggunakannya," kata Kepala Eksekutif FCAI Tony Weber, yang dikutip dari Carscoops, Minggu (6/10/2019).

Juga Marak di Indonesia

Menariknya, kejadian pemalsuan busi yang dijual secara online ternyata bukan hanya di Australia saja, namun juga banyak terjadi di Indonesia. Apalagi saat ini peredaran e-commerce cukup menjamur di Tanah Air.

"Sebenarnya di Indonesia juga ada beberapa kasus yang kita temui, bahkan belum lama ini kita juga baru menemukan busi NGK yang dipalsukan dan dijual melalui lapak jual-beli online terbesar dengan harga yang murah," kata Technical Support Product Specialist NGK Busi Indonesia Diko Okataviano, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (6/10/2019).

Baca juga: Risiko Salah Pilih Busi Buat Motor

Menurut Diko, secara tampilan busi yang dipalsukan oleh okun-oknum tersebut memang terbilang bagus, hampir menyerupai aslinya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X