Kompas.com - 02/10/2019, 14:18 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) telah menghasilkan lima pimpinan DPR periode 2019 – 2024. Kelima pimpinan DPR ini terpilih berdasarkan partai politik dengan jumlah kursi terbanyak.

Puan Maharani dari PDIP resmi ditetapkan menjadi ketua DPR RI. Sementara di jajaran wakil ketua diisi oleh Aziz Syamsudin dari Golkar, Sufmi Dasco dari Gerindra, Rachmat Gobel dari Nasdem, dan Ahmad Muhaimin Iskandar dari PKB.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Puan Maharani tercatat memiliki total 10 unit kendaraan dengan taksiran nilai Rp 1,530 miliat. Lantas, bagaimana dengan para wakilnya?

Baca juga: Sisi Lain Ketua DPR Bambang Soesatyo, Hobi Koleksi Mobil Mewah

Koleksi mobil tua terkenal dan legendaris dipamerkan di Nissan Zama Heritage, Kanagawa, Jepang, Jumat (30/10/2015).KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYAT Koleksi mobil tua terkenal dan legendaris dipamerkan di Nissan Zama Heritage, Kanagawa, Jepang, Jumat (30/10/2015).

Azis Syamsudin
Azis sudah sejak 2004 menjadi anggota DPR dari partai Golkar, terakhir ia menjabat sebagai Ketua Komisi III atau komisi hukum DPR. Dalam LHKPN, total kekayaannya mencapai Rp 95 miliar.

Sementara untuk kendaraannya yang berjumlah 5 unit ditaksir mencapai Rp 2 miliar, hal ini berdasarkan laporan Azis terakhir pada 29 Maret 2019.

Mobil politikus Golkar ini di antaranya, yaitu Toyota Land Cruiser keluaran 2008 senilai Rp 710 juta, Kijang Innova tahun 2016 seharga Rp 250 juta, serta Alphard lansiran 2018 yang ditaksir Rp 800 juta.

Azis juga tercatat punya 2 unit sepeda motor, Honda Beat tahun 2018 senilai Rp 17 juta dan Harley-Davidson tahun 2003 yang diperkirakan Rp 170 juta.

Baca juga: Intip Koleksi Mobil Klasik Presiden Ketiga RI BJ Habibie

 

Koleksi kendaran kelasik museum AngkutStanly/Otomania Koleksi kendaran kelasik museum Angkut

Sufmi Dasco Ahmad
Partai Gerindra mengusulkan Dasco untuk menggantikan Fadli Zon yang menjabat Wakil Ketua DPR periode 2014 – 2019. Sebelumnya ia duduk di Komisi III yang membidangi hukum, keamanan, dan hak asasi manusia.

Total kekayaan Dasco yang tercatat dalam LHKPN mencapai Rp 32 miliar, sementara nilai taksiran dari 3 unit kendaraannya mencapai Rp 3,2 miliar.

Mobil-mobil yang dimilikinya antara lain sedan BMW keluaran 2014 senilai Rp 1,4 miliar, sedan Mercedes-Benz yang ditaksir Rp 1 miliaran, dan Toyota Vellfire tahun 2015 dengan perkiraan Rp 1 miliaran.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.