Esemka Garuda Mulai Unjuk Diri

Kompas.com - 02/10/2019, 07:42 WIB
SUV Esemka Garuda 1 mulai menggodar dari sosial media SUV Esemka Garuda 1 mulai menggodar dari sosial media
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum selesai dengan informasi soal Bima yang jadi produk perdana PT Solo Manufaktur Kreasi, kini Esemka kembali menggoda dunia sosial media dengan kendaraan ringan berjenis sport utility vehicle ( SUV), yakni Garuda 1.

Hal ini ditampilkan dalam akun instagram resmi milik PT Solo Manufaktur Kreasi yang mengunggah foto Esemka Garuda 1 berkelir putih.

Tidak hanya itu saja, keterangan dalam gambar tersebut juga mengindikasikan bila SUV buatan pabrikan Boyolali ini juga akan segera meluncur.

Baca juga: Dukung Industri Nasional, TNI AU Beli Puluhan Unit Esemka Bima

"Esemka Garuda 1. Next Launching ? (Tunggu info lebih lanjut sobat oto!)," tulis dalam keterangan informasi foto tersebut.

SUV Esemka Garuda 1 SUV Esemka Garuda 1

Saat Kompas.com mencoba untuk mengkonfirmasi unggahan tersebut, sampai saat ini belum ada respons dari Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya.

Namun demikian, sebelumnya Eddy sudah menjelaskan panjang lebar soal Esemka Garuda ketika peluncuran pabrik di awal September lalu. Menurut dia, Esemka Garuda sampai saat ini belum untuk kebutuhan produksi massal.

"Garuda ini secara produk sama dengan SUV yang sudah ada di pasaran saat ini, kami belum akan memproduksi massal karena banyak yang harus dilakukan lebih dulu," kata Eddy beberapa waktu lalu.

Baca juga: SUV Esemka Tinggal Menunggu Waktu

Eddy juga menjelaskan bila produk Garuda yang ada saat ini masih berupa prototipe. Salah satu tujuannya tidak lebih hanya untuk menunjukkan bila Esemka juga mampu memproduksi mobil penumpang.

SUV Esemka Garuda 1 SUV Esemka Garuda 1

Adapun untuk peluncurannya sendiri, Eddy menjelaskan, masih banyak faktor pertimbangannya. Mulai dari melihat situasai pasar, orientasi bisnis, sampai bagaiamana soal kesiapan industri penudukungnya.

"Intinya kami sudah punya prototipenya, tinggal masalah waktu saja. Adanya prototipe ini kita juga bisa mencari pemasok-pemasok lokal untuk mendukung produksinya, misalnya komponen lokal ini dari A yang lain dari B, sehingga kami juga bisa berkalkulasi dengan kandungan lokalnya. Nah ini nanti akan kita kejar lebih dulu sebelum bicara soal peluncuran produknya," ucap Eddy.

Baca juga: Pesan Gaikindo Agar Esemka Langgeng di Indonesia

Peresmian  pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah, oleh Presiden Joko Widodo, beberapa bulan lalu memang memantik perhatian sejumlah pihak. Ada yang kontra, bilang sekadar pencitraan, juga yang mendukung dengan menyatakan minat memesan.

Salah satunnya, adalah mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang mengaku tertarik membeli mobil Esemka. Sandi, begitu ia biasa disapa, mau membeli dua pikap Esemka untuk kendaraan operasional.

"Saya pesan dua Esemka. Satu buat operasionalnya Rumah Siap Kerja dan operasionalnya OK OCE. Kita coba seandainya dan kita lagi tunggu dimana bisa beli di sini. Kemarin teman sudah menjajaki dan kami juga janji menjadi pembeli pertama Esemka dan ini akan kami wujudkan," ujar Sandi saat ditemui di CoHive Filateli, Pasar Baru, Jakarta, Sabtu (14/9/2019).

Sandi mengaku meminta tolong rekannya untuk mengurus pembelian dua unit pikap dan berharap bisa segera dikirim secepatnya. Pikap ini nantinya disiapkan untuk kendaraan operasional, salah satunya u tuk mengangkut air mineral.

 



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X