Kompas.com - 25/09/2019, 08:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menaikkan tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) sebesar 2,5 persen, atau meningkat dari 10 persen menjadi 12,5 persen.

Imbas perubahan regulasi ini berefek pada harga jual kendaraan. Salah satu yang terkena dampak, yaitu Suzuki Jimny, produk yang sebetulnya baru resmi dijual pada Juli 2019 dan impor utuh dari Jepang.

Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, SUV produksi Jepang ini dijual mulai Rp 315,5 juta untuk tipe manual dan Rp 330 juta untuk tipe matik.

Baca juga: Reaksi Suzuki Terkait Rencana Kenaikan Pajak Kendaraan di Jakarta

Suzuki Indomobil Batam, PT. Rodamas Makmur Motor secara resmi meluncurkan mobil offroad 4x4 yang sangat legendaris yaitu Suzuki Jimny ke jalanan Batam, Kepulauan Riau. Hadirnya Suzuki Jimny terbaru ini semakin melengkapi deretan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) iconic di Indonesia.KOMPAS.COM/HADI MAULANA Suzuki Indomobil Batam, PT. Rodamas Makmur Motor secara resmi meluncurkan mobil offroad 4x4 yang sangat legendaris yaitu Suzuki Jimny ke jalanan Batam, Kepulauan Riau. Hadirnya Suzuki Jimny terbaru ini semakin melengkapi deretan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) iconic di Indonesia.

Namun per September 2019, harganya telah meningkat menjadi Rp 335,5 juta untuk tipe manual dan Rp 350 juta untuk tipe matik.

Kenaikan harga Jimny ini disebut oleh Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Ismi Saputra, sebagai efek dari kenaikan tarif BBN-KB.

“Soal pajak BBN yang naik kami sudah terapkan, contohnya di Jimny belum lama ini naik sekitar Rp 20 jutaan,” ujarnya kepada Kompas.com Senin (23/9/2019).

Jimny merupakan salah satu mobil yang paling diminati sejak gelaran GIIAS 2019. Harga jual yang meningkat tampaknya tak akan banyak mempengaruhi peminatnya, yang menurut kabar terkahir konsumen harus inden hingga dua tahun lebih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.