Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Masih Bergantung dengan Carry

Kompas.com - 17/09/2019, 13:44 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatatkan penjualan positif pada semester kedua di 2019. Penjualan ritel Suzuki pada Agustus kemarin mencapai 9.114 unit.

Menurut 4W Sales Director PT SIS Makmur, pencapaian tersebut dikuasai oleh produk-produk Suzuki yang dibuat di Indonesia. Mulai dari Carry pikap, Ertiga, Karimun Wagon R, dan APV.

"Semester kedua penjualan Suzuki terus menunjukkan tren positif setiap bulannya. Terima kasih kepada konsumen Suzuki atas kepercayaan yang telah diberikan kepada kualitas mobil-mobil Suzuki, khususnya yang diproduksi di Indonesia," ujar Makmur dalam keterangan resminya, Selasa (17/9/2019).

Baca juga: Cerita Suzuki Baleno Waktu Merapah Trans Sumatera

Seluruh produk lokal Suzuki, berkontribusi sebesar 87 persen terhadap total penjualan Suzuki. New Carry sendiri masih memimpin dengan kontribusi 54 persen.

New Suzuki Carry Pick UpKompas.com/Setyo Adi New Suzuki Carry Pick Up

Sebagai satu-satunya kendaraan niaga ringan dengan fitur Immobilizer, penjualan ritel Carry meningkat 6,8 persen dibandingkan bulan sebelumnya, yakni sebesar 4.931 unit. Jumlah ini sekaligus menjadikan Carry sebagai pemimpin di segmennya dengan penguasaan pasar 59,6 persen.

Ertiga menyusul posisi Carry di urutan kedua. Kontribusi pada Agustus kemarin mencapai 23,4 persen dengan jumlah penjualan ritel sebanyak 2.134 unit. Sampai dengan saat ini, market share Ertiga sendiri sebesar 11,3 persen di segmen low multi purpose vehicle (LMPV).

Peningkatan penjualan Suzuki di Agustus 2019 tak lepas dari berbagai program penjualan yang ditawarkan. Pada September ini Suzuki kembali menghadirkan program Midyear Festival Semarak September Ceria.

Salah satu program utamanya yaitu setiap konsumen yang membeli All New Ertiga tipe GL atau GX pada September 2019 mendapat hadiah langsung satu unit sepeda motor Suzuki GSX150 Bandit. Konsumen juga berkesempatan mengikuti undian berhadiah Jimny.

Suzuki Ertiga Sport di Cirebon, Jawa Barat Suzuki Ertiga Sport di Cirebon, Jawa Barat

Baca juga: Rally Look Bikin Suzuki Ignis Jadi Lebih Manis

Khusus bagi pembeli Carry, konsumen akan mendapat hadiah langsung satu unit sepeda motor All New Satria F150.

Selain itu, Suzuki juga memberikan gratis oli mesin dan jasa servis hingga 50.000 km bagi pelanggan Carry selama periode promo.

"Raihan ini membuat kami optimistis dapat menguasai 11 persen pangsa pasar otomotif pada akhir 2019 mendatang. Tentu kami akan memberikan berbagai program menarik dan menguntungkan juga meningkatkan layanan penjualan maupun purnajual Suzuki," kata Makmur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com