Honda Astrea 800 Custom, Streetcub Kelas Pekerja

Kompas.com - 24/08/2019, 07:42 WIB
Honda Astrea 800, Streetcub JDM IstimewaHonda Astrea 800, Streetcub JDM

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor bebek klasik semakin diminati kembali, mulai dari yang standar hingga custom. Salah satu yang paling banyak digemari adalah custom dengan aliran streetcub, seperti yang dilakukan oleh Burhan Udin.

Burhan membangun motor streetcub dengan mengawinkan mesin Honda Astrea 800 dengan rangka Honda C90. Namun, konsep yang diangkatnya sedikit berbeda, yakni Streetcub JDM, tapi dengan ukuran yang mini.

Baca juga: Pilih Ban Motor Custom Sesuai Aliran

"Awalnya, terinspirasi mau bikin Honda CT90 mini. Inspirasinya dari sana, tapi dikarenakan keterbatasan alat dan waktu, jadilah seperti sekarang ini," ujar pria asal Klaten tersebut, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Honda Astrea 800, Streetcub JDMIstimewa Honda Astrea 800, Streetcub JDM

Burhan mengaku sengaja membuat streetcub mini karena ingin tampil beda dari yang lain. Menurutnya, dengan keberbedaan tersebut, jadi mempunyai ciri khas tersendiri pada motor garapannya.

Bagian kaki-kakinya menggunakan ban ring 10. Memaksa bagian lain untuk diubah agar tampilannya lebih proporsional.

"Paling sulit pengerjaannya adalah mengubah dari ukuran ring 17 menjadi ring 10. Sebab, ada beberapa bagian yang harus dipotong atau dipendekkan agar sesuai dengan bannya," kata Burhan.

Baca juga: Honda BeAT Pop Zoomer Karya Katros Garage

Masih di bagian kaki-kaki, peleknya menggunakan copotan dari sepeda listrik Kymco. Namun, untuk bagian tromolnya, dikawinkan dengan tromol Honda Grand.

Honda Astrea 800, Streetcub JDMIstimewa Honda Astrea 800, Streetcub JDM

Bagian swingarm yang merupakan bawaan dari Astrea 800 juga kena potong, bagian tengahnya dipendekkan. Suspensi depan juga kena potong untuk mengejar tinggi yang proposional dengan ukuran bannya.

Di bagian rangka, batang pipa yang di tengah dan bagian bawah tangki juga dipendekkan. Sepatbor belakang bawaan dari motor ini dibuang, digantikan dengan sepatbor C70 dan dilas dari dalam.

Uniknya, bagian rem belakang dibikin jadi seperti sepeda. Sebab, pedal remnya sudah dicopot dan dipindah ke setang menggunakan tuas di sebelah kiri.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X