Kompas.com - 20/09/2019, 17:34 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta akan jadi tuan rumah balapan mobil listrik Formula E pada 6 Juni 2020. Lokasi balapan akan berada di sekitaran Monas, namun sampai saat ini rutenya belum ditentukan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, sebelum penyelenggaraan pihak Formula E mengatakan ada dua hal yang selalu dipesankan yaitu mengenai kondisi lalu-lintas dan tata kota.

Baca juga: Isu Polusi, Jadi Cerita Jakarta Gelar Balapan Formula E

"Ada selalu mereka pesankan, pertama seminim mungkin mengganggu lalu lintas, jadi sebisa mungkin tidak sampai menutup jalan. Kemudian seminim mungkin melakukan ubahan kondisi yang ada. Mereka menginginkan kita seperti apa adanya," katanya dalam pertemuan Kamis, (19/9/2019).

Anies mengatakan, bagi Jakarta diselenggarakannya Formula E adalah langkah untuk berada di orbit global, serta mendorong Jakarta melakukan tranformasi karena persoalan lingkungan hidup yang dihadapi.

Baca juga: Formula E Cari Jadwal yang Tepat untuk Balapan di Jakarta

"Mobil kita, motor kita, sudah punya efek luar biasa pada kualitas udara, dan karena itu kampanye untuk kendaraan yang lebih ramah lingkungan menjadi penting," kata Anies.

Formula E terkenal sebagai ajang balap mobil listrik yang menggunakan jalanan perkotaan sebagai arena balap. Dua belas kota di dunia sudah menggelar ajang ini seperti Hong Kong, Roma, Paris, Berlin, New York, dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.