Ketangguhan Pajero Sport Hadapi Tanjakan Ranu Pane

Kompas.com - 18/09/2019, 09:22 WIB
Mitsubishi Pajero Sport temani perjalanan tim ekspedisi Jejak Pendaki Semeru Kompas.com/ Kristianto PurnomoMitsubishi Pajero Sport temani perjalanan tim ekspedisi Jejak Pendaki Semeru

RANU PANE, KOMPAS.com - Perjalanan ekspedisi Jejak Pendakian Semeru terus berlanjut. Setelah menempuh perjalanan Jakarta menuju Sukoharjo, Jawa Tengah, perjalanan dilanjutkan menuju desa Ranu Pane di kaki gunung Semeru, Senin (16/9/2019).

Perjalanan tidak menemui masalah selama di ruas tol Trans Jawa menuju wilayah Jawa Timur dengan mengendarai Mitsubishi Pajero Sport model Dakar 4x4. Rombongan keluar di kota Malang untuk membeli perbekalan sebelum mendaki.

Tantangan terasa saat tim menuju Ranu Pane dengan melalui beragam wilayah seperti desa Ngadas dan Gubug Klakah yang berbatasan dengan wilayah Probolinggo Lumajang. Kontur jalan berkelok dan menanjak menyambut tim yang ingin segera beristirahat.

Baca juga: Mitsubishi Pajero Sport dan Triton Temani Perjalanan Mendaki Semeru

Pada rute ini Mitsubishi Pajero Sport memperlihatkan kekuatan mesin 4N15 2.4L MIVEC Turbocharger. Mesin bertenaga 181 tk pada putaran 3.500 rpm dengan torsi 430 Nm pada putaran 2.500 rpm dengan mudah melahap tanjakan dan kelokan menuju Ranu Pane.

Tenaga mesin tersebut disalurkan dengan cepat melalui transmisi otomatis 8 percepatan yang bisa diatur dengan mudah pada mode manual dengan mengarahkan tuas transmisi ke sisi kiri. Kemudahan ini juga dirasakan melalui lingkar kemudi yang menyediakan paddle shift di ujung jari.

Mitsubishi Pajero Sport temani perjalanan tim ekspedisi Jejak Pendaki SemeruKompas.com /Kristianto Purnomo Mitsubishi Pajero Sport temani perjalanan tim ekspedisi Jejak Pendaki Semeru

Soal pengendalian di jalur menanjak ini, Pajero Sport terbilang mumpuni. Kemudi merespon tepat keinginan pengemudi tanpa kesulitan berarti meski permukaan jalan tidak rata karena di beberapa titik masih ada perbaikan.

Selama proses menuju desa Ranu Pane, Pajero Sport masih menggunakan penggerak dua roda. Tim masih menunggu kesempatan untuk mencoba ketangguhan penggerak empat roda Pajero Sport dalam ekspedisi yang akan berlangsung hingga 22 September mendatang.

Baca juga: Mitsubishi Pajero Sport Uji Bahan Bakar Solar B30

Tim ekspedisi akhirnya tipa di desa Ranu Pane untuk kemudian beristirahat. Ada beberapa persiapan untuk menyambut kegiatan pendakian Semeru guna merayakan 50 tahun pendakian bersejarah Soe Hok Gie ini.

Simak perjalanan ekspedisi Jejak Pendaki Semeru bersama Mitsubishi Pajero Sport hanya di Kompas.com!

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X