Viar Gandeng Kampus Teliti Limbah Baterai Motor Listrik

Kompas.com - 10/09/2019, 07:22 WIB
Viar Q1 Foto: IstimewaViar Q1

JAKARTA, KOMPAS.com - Viar Motor Indonesia menggandeng Universitas Pelita Harapan ( UPH) untuk melakukan riset bersama dalam proyek pemanfaatan baterai bekas kendaraan listrik.

Dalam riset ini, Viar menyediakan baterai Lithium-Ion bekas yang digunakan di skuter listrik Viar Q1. Sedangkan UPH melakukan penelitian manfaat lain dari baterai yang sudah tidak dapat bekerja maksimal.

Baca juga: Mengenal 3 Jenis Baterai Lithium Ion, Mana yang Paling Bagus?

Dr. Henri P. Uranus, Kepala Program Studi Teknik Elektro UPH, mengatakan, di era berkembangnya kendaraan listrik saat ini,baterai akan menjadi problematika yang perlu diperhitungkan ke depan.

"Sangat perlu adanya riset dan pengembangan mengenai daur ulang baterai ataupun pemanfaatan ulang setelah tidak cocok lagi digunakan sebagai sumber daya pada kendaraan listrik," kata Henry dalam keterangan tertulis, Senin (9/9/2019).

Baterai Lithium ion milik Viar yang diuji oleh UPHFoto: Viar Motor Indonesia Baterai Lithium ion milik Viar yang diuji oleh UPH

Direktur Marketing Viar Motor Indonesia, Sutjipto menjelaskan bahwa kerjasama dengan UPH merupakan bentuk komitmen dari Viaruntuk menjawab isu mengenai bagaimana dan mau diapakan limbah baterai motor listrik.

Baca juga: Plus Minus Baterai Lithium Ion buat Kendaraan Listrik

“Dengan kerjasama bersama UPH ini setidaknya membuktikan bahwa kami sangat serius untuk mengembangkan dan siap untuk terjun di pasar kendaraan listrik," kata Sujipto.

Sujipto mengatakan, kendati sudah bekerjasama dengan UPH, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk berkerjasama dengan institusi pendidikan lain jika ada ide dan inovasi terkait pengembangan motor listrik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X