Pengguna Plat Nomor Cantik Didominasi Mobil

Kompas.com - 02/09/2019, 13:45 WIB
Plat nomor mobil milik Mulyadi yang dipalsukan oleh TA dan EBP KOMPAS.COM/Ardito Ramadhan DPlat nomor mobil milik Mulyadi yang dipalsukan oleh TA dan EBP

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak kepolisian memperbolehkan pemilik kendaraan untuk menggunakan plat nomor cantik atau Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) Pilihan. NRKB Pilihan ini berlaku untuk semua kendaraan, baik motor atau mobil.

Pemilik kendaraan bisa memilih NRKB Pilihan untuk satu angka, dua angka, tiga angka, dan empat angka. Bisa juga untuk memilih ada atau tidak adanya huruf di belakang.

Baca juga: Banyak yang Pilih Plat Nomor Cantik Tiga Angka

"Untuk NRKB Pilihan, sementara ini paling banyak digunakan oleh mobil," ujar Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Sumardji, kepada Kompas.com, Senin (2/9/2019).

Deretan pelat nomor modifikasi yang melanggar ketentuan, kini makin sering diciduk.TMC Polda Metro Jaya Deretan pelat nomor modifikasi yang melanggar ketentuan, kini makin sering diciduk.

Sumardji menambahkan, mobil lebih mendominasi dikarenakan NRKB Pilihan untuk motor hanya terbatas dengan empat angka tanpa seri huruf. Sementara untuk mobil, bisa menggunakan satu angka, dua angka, dan tiga angka.

Adapun tarif resmi plat nomor cantik sudah diatur dalam PP 60 tahun 2016 tentang NRKB. Uang yang masuk nantinya akan dihitung sebagai Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Baca juga: Prosedur Resmi Pembuatan Plat Nomor Cantik

Berikut daftar tarif resmi jika ingin menggunakan plat nomor cantik:
1. NRKB satu angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 20.000.000. Ada huruf di belakang Rp 15.000.000.
2. NRKB dua angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 15.000.000. Ada huruf di belakang Rp 10.000.000.
3. NRKB tiga angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 10.000.000. Ada huruf di belakang Rp 7.500.000.
4. NRKB empat angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 7.500.000. Ada huruf di belakang 5.000.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.