Berapa Harga Mobil Dinas Jokowi Mercy S600 Guard?

Kompas.com - 26/08/2019, 10:17 WIB
Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jokowi KOMPAS.com/Dhawam PambudiSpesifikasi Mobil Dinas Baru Jokowi
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dinas Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi) siap diganti. Masih menggunakan merek yang sama, Jokowi akan kembali menunggangi seri terbaru dari Mercedes-Benz S600 Guard yang didatangkan langsung dari Jerman.

Selain mewah, salah satu kelebihan yang dimiliki dari S600 Guard yang akan menemani kerja Jokowi adalah dari sisi keamanannya.

Seperti diketahui, mobil Jokowi diklaim dirancang khusus pada sektor keamanan yang membuatnya anti peluru dan ledakan.

Lantas, kira-kira berapa biaya yang dibutuhkan untuk memesan sedan mewah yang jadi mobil dinas orang nomor satu di Indonesia tersebut ?

Baca juga: Berapa Harga Mercedes-Benz S600 Pullman Guard Bekas Presiden Jokowi?

Ketika menanyakan hal ini, Deputy Marketing Communication Mercedes-Benz Indonesia (MBI) Hari Arifianto, menjelaskan soal harga pihaknya tidak bisa memberikan informasi karena terkait masalah kebijakan dari prinsipal.

Mercedes-Benz S600 GuardCarBuzz Mercedes-Benz S600 Guard

"Untuk harga kita tidak bisa sebutkan, ini ranahnya prinsipal serta hubungan kenegaraan. Tapi memang yang jelas dengan spesifikasi khusus maka biayanya tidak bisa disamakan dengan yang (S600) reguler," ujar Hari kepada Kompas.com, Minggu (26/8/2019).

Menurut Hari, setiap konsumen yang membeli produk Mercy memang mendapat perlakuan khusus berupa keharahasian informasi yang dilakukan oleh pihak Daimler.

Hal ini konteksnya karena kebijakan soal perlindungan konsumen di Jerman memang sangat ketat.

Baca juga: Mobil Presiden Jokowi, Mercy S600 Guard Bisa Dibeli Konsumen Biasa?

Mercedes Benz S600 Guard Foto: Mercedes Benz Mercedes Benz S600 Guard

Namun demikian, sebelum membeli mobil, tiap konsumen terlebih yang memesan secara khusus akan dipastikan lebih dulu latar belakangnya oleh prinsipal.

Artinya tidak semua orang bisa membeli produk Mercy, apalagi yang ditambah dengan permintaan khusus seperti mobil Jokowi.

"Sifatnya memang rahasia perusahaan, kami saja di Indonesia secara perang hanya menjadi seperti broker. Tapi ini bukan karena mobil Pak Jokowi lalu kami tak bisa rilis harganya, memang tiap konsumen Mercy itu dilindungi oleh hukum Daimler dan Daimler tidak jual mobil kesembaran orang," kata Hari.

Mercedes-Benz memang terkenal sebagai salah satu produsen otomotif yang menawarkan kendaraan dengan keamanan kelas wahid.

Baca juga: Mobil Dinas Presiden Jokowi, Mercedes-Benz S600 Sudah Sering Rusak

Sebelumnya, Jokowi menggunakan Mercy S600 Pullman Guard sebagai mobil dinas. Hanya saja, mobil itu adalah lungsuran dari Presiden RI sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono. Dikabarkan, mobil dinas Jokowi itu sudah sering mengalami kerusakan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X