Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Harga Mobil Dinas Jokowi Mercy S600 Guard?

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dinas Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) siap diganti. Masih menggunakan merek yang sama, Jokowi akan kembali menunggangi seri terbaru dari Mercedes-Benz S600 Guard yang didatangkan langsung dari Jerman.

Selain mewah, salah satu kelebihan yang dimiliki dari S600 Guard yang akan menemani kerja Jokowi adalah dari sisi keamanannya.

Seperti diketahui, mobil Jokowi diklaim dirancang khusus pada sektor keamanan yang membuatnya anti peluru dan ledakan.

Lantas, kira-kira berapa biaya yang dibutuhkan untuk memesan sedan mewah yang jadi mobil dinas orang nomor satu di Indonesia tersebut ?

Ketika menanyakan hal ini, Deputy Marketing Communication Mercedes-Benz Indonesia (MBI) Hari Arifianto, menjelaskan soal harga pihaknya tidak bisa memberikan informasi karena terkait masalah kebijakan dari prinsipal.

"Untuk harga kita tidak bisa sebutkan, ini ranahnya prinsipal serta hubungan kenegaraan. Tapi memang yang jelas dengan spesifikasi khusus maka biayanya tidak bisa disamakan dengan yang (S600) reguler," ujar Hari kepada Kompas.com, Minggu (26/8/2019).

Menurut Hari, setiap konsumen yang membeli produk Mercy memang mendapat perlakuan khusus berupa keharahasian informasi yang dilakukan oleh pihak Daimler.

Hal ini konteksnya karena kebijakan soal perlindungan konsumen di Jerman memang sangat ketat.

Namun demikian, sebelum membeli mobil, tiap konsumen terlebih yang memesan secara khusus akan dipastikan lebih dulu latar belakangnya oleh prinsipal.

Artinya tidak semua orang bisa membeli produk Mercy, apalagi yang ditambah dengan permintaan khusus seperti mobil Jokowi.

"Sifatnya memang rahasia perusahaan, kami saja di Indonesia secara perang hanya menjadi seperti broker. Tapi ini bukan karena mobil Pak Jokowi lalu kami tak bisa rilis harganya, memang tiap konsumen Mercy itu dilindungi oleh hukum Daimler dan Daimler tidak jual mobil kesembaran orang," kata Hari.

Mercedes-Benz memang terkenal sebagai salah satu produsen otomotif yang menawarkan kendaraan dengan keamanan kelas wahid.

Sebelumnya, Jokowi menggunakan Mercy S600 Pullman Guard sebagai mobil dinas. Hanya saja, mobil itu adalah lungsuran dari Presiden RI sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono. Dikabarkan, mobil dinas Jokowi itu sudah sering mengalami kerusakan.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/08/26/101732215/berapa-harga-mobil-dinas-jokowi-mercy-s600-guard

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke