Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Dinas Baru Menteri Jokowi, Crown Hybrid Tiba Bulan Depan

Kompas.com - 24/08/2019, 07:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Crown 2.5 HV G-Executive terpilih sebagai mobil dinas baru untuk menteri kabinet Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) periode 2019-2024. Sedan mewah itu diimpor utuh dari Jepang secara utuh (Completely Built Up/CBU) dan diprediksi tiba di Indonesia bulan depan.

PT Astra International Tbk-TSO punya tugas menyediakan 101 unit Crown 2.5 HV G-Executive setelah memenangkan tender penyedia kendaraan para Menteri Anggota Kabinet dan pejabat setingkat. Sedan mewah ini menggantikan Crown Royal Saloon yang sudah digunakan lebih dari 10 tahun.

"Semua unit sampai di bulan September mendatang," kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy saat dikonfirmasi oleh Kompas.com, Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Baca juga: Ini Alasan Mobil Presiden Jokowi dan Menteri Harus Diganti

Mobil menteri Toyota Crown 2.5 HV G-ExecutiveToyota Mobil menteri Toyota Crown 2.5 HV G-Executive

Menyoal adanya beberapa modifikasi atau penyempurnaan di mobil guna menunjang kegiatan para menteri, Anton tidak menampiknya. Hanya saja dirinya enggan untuk mengungkapkan secara detail. "Standar, tambahan untuk tiang bendera dan sebagainya saja," ujarnya singkat.

Selanjutnya, meskipun mobil dibawa langsung dari Jepang, Toyota Indonesia tidak akan lepas tanggung jawab untuk Crown 2.5 HV G-Executive itu. Jika memang ada masalah, mobil bisa melakukan servis di diler resmi Auto2000 tanpa biaya selama lima tahun pemakaian.

Baca juga: Ini Spesifikasi Mobil Menteri Toyota Crown 2.5 HV G-Executive

Mobil menteri Toyota Crown 2.5 HV G-ExecutiveToyota Mobil menteri Toyota Crown 2.5 HV G-Executive

Sebagai informasi, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive merupakan varian hibrida dari Crown. Mobil ini menggendong mesin dynamic force engine hybrid system berkapasitas 2,5 liter yang mampu menyemburkan kekuatan 223 Tk dan torsi 221 Nm.

Mobil menteri berupa Toyota Crown 2,5 HV G-Executive ini menempuh jarak 19,4 km untuk 1 liter bensin.

Di bagian kabin, mobil sudah dilengkapi layar berukuran 8 inci dan 7 inci untuk data communication module. Layar ini menjadi pusat mengatur beragam fitur di mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com