Mobil Dinas Presiden Jokowi, Mercedes-Benz S600 Sudah Sering Rusak

Kompas.com - 23/08/2019, 06:22 WIB
Mobil dinas Kepresidenan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard Indonesia 1. Roderick Adrian MosesMobil dinas Kepresidenan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard Indonesia 1.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dinas Presiden Joko Widodo (Jokowi) masa jabatan 2014-2019, Mercedes-Benz S600 Pullman Guard ternyata sudah banyak mengalami masalah kerusakan. Wajar saja, karena unit itu merupakan warisan dari era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Usia pakai Mercedes-Benz S600 yang punya spesifikasi perlindungan tinggi itu kurang lebih sudah 10 tahun, dan sekarang diklaim banyak mengalami kerusakan. Bahkan pernah mogok ketika digunakan.

Menurut Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, dari total delapan unit hampir semuanya mengalami masalah. Permasalahannya seperti power window, hingga sistem kelistrikan lainnya.

Baca juga: Jokowi Sempat Pilih Toyota Kijang Innova untuk Mobil Presiden

"Power window tidak jalan, elektrik tidak jalan, lantas pernah semua sound system di dalam mobil bunyi, radia semuanya bunyi, membuat tidak nyaman," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Heru menjelaskan, kerusakan itu terjadi saat sedang kunjungan ke luar kota. Alhasil, dengan unit mobil yang juga terbatas dan jadwal kunjungan padat, sulit untuk mencari mobil pengganti.

Mercedes-Benz S600 Guard terbaru bersertifikat sertifikat VR10 untuk perlindungan balistika dari Ballistics Authority di Ulm, Jerman. Worldcarfans Mercedes-Benz S600 Guard terbaru bersertifikat sertifikat VR10 untuk perlindungan balistika dari Ballistics Authority di Ulm, Jerman.

"Contoh ketika beliau menggunakan di Bali, ada sesuatu yang tidak normal dan terpaksa kami dan saya selaku dan bersama Paspampres berada di lokasi berusaha mencari pengganti," ujar Heru.

Mercy ini bisa dipacu hingga lebih dari 200 kpj. Dalam proses pembuatannya di Jerman, mobil ini sudah dilapisi baja yang tahan terhadap senapan standar, granat tangan, serta bahan peledak ringan lain.

Massa mendekati mobil RI 1 yang ditumpangi Presiden Joko Widodo di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (20/10/2014). Tribunnews.com/Theresia Felisiani Massa mendekati mobil RI 1 yang ditumpangi Presiden Joko Widodo di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (20/10/2014).

Selain itu, mobil ini juga menggunakan ban run-flat Michelin PAX 245-700 R470, yang bisa berjalan sejauh 60 kilometer tanpa udara. Tangki bahan bakar berkapasitas 90 liter dan sistem pemadam kebakaran otomatis yang mampu mengunci penyebaran api.

Baca juga: Menunggu Pilihan Mobil Dinas Presiden

Sementara pada interior dilengkapi perangkat night view assist system untuk memantau situasi di luar ketika kondisi jalan gelap. Perangkat itu berfungsi layaknya sonar inframerah, dengan kemampuan melihat obyek saat cahaya di luar sangat terbatas.

Dilengkapi lampu berkedip biru pada gril.Mercedes-Benz Dilengkapi lampu berkedip biru pada gril.

Tak berhenti sampai disitu, mobil itu juga tersemat kamera belakang, kaca depan, dan jendela depan tahan panas, plus empat pintu dengan berkemampuan adjustable doorhold.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X