Jadi Kelakar Jokowi, Kijang Ternyata Mobil Toyota Pertama yang Diekspor

Kompas.com - 21/08/2019, 12:54 WIB
Ekspor Toyota dari Indonesia sudah berjalan selama 30 tahun, jumlah unit yang diekspor sudah menapai 1 juta unit. TMMINEkspor Toyota dari Indonesia sudah berjalan selama 30 tahun, jumlah unit yang diekspor sudah menapai 1 juta unit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo, menyebut nama Toyota Kijang dalam acara Muktamar V PKB di Bali. Jokowi membandingkan situasi kendaraan di Uni Emirat Arab dan Indonesia, dimana masyarakat Indonesia masih gemar dengan Kijang.

Kijang sendiri adalah model MPV (Multi Purpose Vehicle) yang diproduksi oleh Toyota Indonesia.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sudah memulai kegiatan ekspor kendaraan dalam bentuk utuh (completely built up/CBU) sejak 1987.

Baca juga: Arti di Balik Nama Toyota Kijang yang Disebut Jokowi, Ada Peran Jusuf Kalla

Sejak dulu sampai sekarang tidak kurang dari 1,2 juta unit mobil Toyota buatan Indonesia dikirim ke luar negeri.

Sejarah ekspor mobil Toyota diawali dengan pengapalan generasi ketiga dari Kijang (Kijang Super) ke Brunei Darussalam. Saat itu, volume ekspornya masih dalam jumlah yang sangat sedikit, yakni 50 unit per bulan.

Kijang Super yang diberangkatkan ke negara tetangga ini memiliki kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 40 persen.

"Kijang merupakan pembuka jalan bagi model-model Toyota lainnya untuk bisa diproduksi secara lokal dan ekspor," kata Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) beberapa waktu lalu.

Momentum terbaik kegiatan ekspor Toyota dimulai sejak berjalannya proyek Innovative Multi-purpose Vehicle (IMV) pada 2004. TMMIN terpilih menjadi basis produksi Kijang Innova, memberikan peluang yang besar buat ekspansi ke pasar global, selain memenuhi kebutuhan pasar domestik.

Toyota Kijang Super Short 1987 tetap lakukan servis di bengkel resmi Auto2000 Toyota Kijang Super Short 1987 tetap lakukan servis di bengkel resmi Auto2000

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X