Arti di Balik Nama Toyota Kijang yang Disebut Jokowi, Ada Peran Jusuf Kalla

Kompas.com - 21/08/2019, 12:58 WIB
Toyota Kijang Buaya, Avanza Veloz, dan Sienta, ditemani mobil pendukung Avanza Veloz dan Kijang Innova, menempuh perjalanan 8.000 km dari Jakarta-Timor Leste dalam touring Beyond Beautiful Indonesia. Perjalanan ini dilakukan oleh Veloz Community (Velozity), Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI), dan Toyota Sienta Community Indonesia (Tosca). Dok. VelozityToyota Kijang Buaya, Avanza Veloz, dan Sienta, ditemani mobil pendukung Avanza Veloz dan Kijang Innova, menempuh perjalanan 8.000 km dari Jakarta-Timor Leste dalam touring Beyond Beautiful Indonesia. Perjalanan ini dilakukan oleh Veloz Community (Velozity), Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI), dan Toyota Sienta Community Indonesia (Tosca).
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah lebih dari 40 tahun beredar di Tanah Air, namun tidak semua orang tahu mengenai makna atau arti nama " Kijang".

Mobil keluarga garapan Toyota ini lahir sejak 1977. Kijang kini telah bertransformasi menjadi sebuah mobil keluarga mapan yang banyak dinikmati masyarakat Indonesia.

Dari awalnya merupakan sebuah kendaraan basic utility vehicle (BUV), Kijang telah menjadi sebuah mobil multi purpose vehicle (MPV) medium.

Baca juga: Harga Toyota Kijang Innova, Tak Lagi Bisa Disebut Murah

Proses evolusi ini tak lepas dari kemajuan ekonomi dan kebutuhan masyarakat yang juga diikuti dengan rancang bangun Toyota Kijang.

Tim Independent Day Journey Toyota Kijang dan Avanza setelah kembali dari perjalanan tiga negaraOtomania Tim Independent Day Journey Toyota Kijang dan Avanza setelah kembali dari perjalanan tiga negara

Lantas apa arti nama Kijang sesungguhnya, apakah benar hanya memiliki makna sebagai sebuah binatang atau memiliki arti lain?

Mengutip dari laman Toyota-id.com, ternyata nama Kijang merupakan kependekan dari "Kerjasama Indonesia dan Jepang".

Baca juga: Jokowi Sempat Pilih Toyota Kijang Innova untuk Mobil Presiden

Nama Kijang sendiri pertama kali dicetuskan oleh Jusuf Kalla, yang kini menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia.

Sejak pertama kali meluncur hingga 2019 ini, Kijang sudah mengalami evolusi sebanyak enam generasi.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X