Polisi Harus Gelar Razia Emisi untuk Menekan Polusi

Kompas.com - 20/08/2019, 07:02 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melihat pelaksanaan uji emisi dan meluncurkan aplikasi e-Uji Emisi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (13/8/2019). NURSITA SARIGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melihat pelaksanaan uji emisi dan meluncurkan aplikasi e-Uji Emisi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (13/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Permasalahan seputar kualitas udara yang buruk di Jakarta membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan langkah-langkah untuk menekan tingginya polusi udara. Namun, masih ada satu hal yang belum dilakukan, yakni penggalakan rendahanya emisi gas buang kendaraan.

Ahmad Safrudin, Direktur Eksekutif KPBB (Komite Penghapusan Bensin Bertimbal), menyarankan, agar Pemprov bisa bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menggelar razia emisi.

Baca juga: Perpanjang STNK Harus Lulus Uji Emisi, ini Kata Polisi

Menurut pria yang akrab disapa Puput tersebut, jika razia emisi dilakukan, akan bisa menekan polusi udara di Jakarta hingga 20 persen sampai 30 persen.

"Di dalam Perda 2 tahun 2005 soal pencemaran udara, sudah jelas disebutkan bahwa semua kendaraan bermotor di Jakarta wajib memenuhi baku mutu emisi," ujar Puput, di Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Puput menambahkan, menurut hukum, pelanggar emisi bisa dikenakan denda hingga Rp 50 juta. Dengan menggelar razia emisi dan memberikan sanksi kepada pelanggar, dapat memberikan efek jera kepada masyarakat.

Baca juga: Anies Ingin Perketat Uji Emisi Kendaraan, Gaikindo Santai

Toyota Kijang Super Short 1987 tetap lakukan servis di bengkel resmi Auto2000 Toyota Kijang Super Short 1987 tetap lakukan servis di bengkel resmi Auto2000

"Mereka pasti akan berpikir, dari pada membayar denda dalam jumlah yang besar, lebih baik uangnya dipakai untuk menservis atau melakukan tune up pada mobil. Uang yang dikeluarkan juga sangat jauh bedanya," kata Puput.

Selain dapat menurunkan polusi udara di Jakarta, kendaraan yang ada di Jakarta juga akan selalu terawat mesinnya. Sebab, menurut Puput, esensi dari uji emisi adalah setiap kendaraan melakukan perawatan terhadap kendaraannya.

"Daripada mengeluarkan aplikasi, lebih baik gelar razia emisi," ujar Puput.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X