Xpander Versi Reli Rifat Sungkar, Bisa Jadi Acuan Modifikasi

Kompas.com - 09/08/2019, 11:29 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Aliran modifikasi rally look di Indonesia identik dengan lampu kabut bulat di depan, pelek putih, serta livery yang berwarna kontras. Bagian interiornya, jok balap, setir balap, hingga hadir tachometer nampak harus ada.

Tidak salah, namun pereli tanah air Rifat Sungkar menilai model tersebut terlalu tua atau 90-an. Khususnya pada bagian tampang luar mobil.

"Modifikasi itu bergerak, jangan berhenti di satu zaman. Mobil reli sekarang itu pakai lampu LED kotak, fender kecil, pelek tidak harus berwarna putih, dan sebagainya," kata dia di Jakarta, Kamis (7/8/2019).

Hal tersebut terjadi, lanjut Rifat, karena memang di Indonesia masih minim referensi untuk modifikasi rally look. Sehingga dirinya berharap dengan masuknya Mitsubishi Xpander ke kejuaraan reli bisa juga membawa angin segar bagi pecinta modifikasi.

Baca juga: Tiga Jurus Jitu Aplikasi Modifikasi Gaya Rally Look

Livery mobil reli.IG Rally Look Indonesia Livery mobil reli.

"Adanya Xpander AP4, kami juga berharap bahwa bisa memberikan virus positif, modifikasi reli tidak saklek di sana. Ingat, dunia otomotif selalu berkembang," ujar Rifat.

Namun jangan mengikuti modifikasi Xpander AP4 sepenuhnya. Sebab keluaran biaya untuk mobil keluarga dari Mitsubishi itu untuk bisa masuk ajang reli internasional dan nasional membutuhkan banyak penyesuaian serta biaya.

Secara keseluruhan, Rifat menyatakan kisaran biaya yang harus dikeluarkan mencapai Rp 1,5 miliar. Dengan harga mahal tersebut mobil juga tidak nyaman lagi untuk dijadikan kendaraan harian.

"Biaya girboks sekitar Rp 766 juta. Belum lagi roll bar, jok, stir, kaki-kaki, hingga risetnya. Jadi kalau ingin modifikasi, cukup mengambil look-nya saja," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.